Pelayanan RS Bersalin Ummi Dikeluhkan Keluarga Pasien

 29,979 total views

RS Bersalin Ummi | Foto : Seda
RS Bersalin Ummi | Foto : Seda

Kota, Wartatasik.com – Pelayanan di RS Bersalin Ummi yang berada di Jl. Paseh No. 10 Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dikeluhkan keluarga pasien yang akan berobat. Pasien tersebut bernama Ibu Maryamah (65), Warga asal Parungponteng Kab. Tasikmalaya yang menderita sakit dibagian perut. Beberapa waktu lalu dirinya datang ke RS tersebut dibawa oleh keluarga untuk diperiksa. Namun, setelah sampai di tempat yang dituju pihak keluarga merasa kecewa dan mengeluhkan pelayanan petugas RS Bersalin Ummi karena tidak melakukan tindakan pemeriksaan malah memperdebatkan surat-surat dan rujukan dari Faskes tingkat pertama.

“Saya sangat kecewa sekali. Petugasnya tidak cekatan dalam melakukan penanganan atau tindakan pertolongan terhadap ibu saya. Saat itu petugas hanya sibuk menanyakan ini dan itu, termasuk kartu BPJS dan rujukan dari Puskesmas,” ungkap Asep (38), anak dari ibu Maryamah. Ia menambahkan, para petugas di RS itu seharusnya langsung melakukan tindakan pemeriksaan ketika pasien datang dan membutuhkan pertolongan atau berobat. “Jangan hanya menanyakan yang lain-lain. Saya dengan petugas berdebat cukup lama hingga ibu saya tidak mendapatkan tindakan atau dibiarkan dan akhirnya saya membawa ibu untuk diperiksa di tempat lain,” ujar Ia.

Sementara, saat ditemui tadi siang, Perwakilan dari Management RS. Bersalin Ummi Eva Kusumah membantah kejadian yang dialami oleh salah satu calon pasiennya itu. Ia menegaskan, pihaknya selalu secepatnya memberikan pelayanan kepada setiap pasien yang datang. “Itu kami lakukan demi memberikan pelayanan kepada para pasien dan tentunya sesuai dengan prosedur serta aturan yang berlaku untuk kelancaran dan kebaikan pasien. Kami menjalankan tugas didasari dengan standar operasional pelayaran,” ungkapnya.

Dituturkan Eva, menanyakan kelengkapan surat atau administrasi sudah menjadi standar aturan saat ada pasien yang akan dilayani. Ia mengakui, bahwa  petugasnya harus menanyakan kelengkapan surat-surat administrasi dari pertama. ”Kita menanyakan itu termasuk rujukan dari Puskesmas jika pasien menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Tujuannya, demi kelancaran dan ketepatan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien. Intinya, kami bukan mempersulit untuk berobat atau periksa tapi untuk kebaikan bersama dan memenuhi standar aturan yang berlaku,” terangnya.

Ia menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud untuk menghambat dalam memberikan tindakan pelayanan kepada pasien tapi hanya menjalankan tugas sesuai prosedur. “Kami rasa semua tempat pelayanan kesehatan yang sudah melakukan MoU dengan BPJS standar pelayanannya seperti itu saat akan melakukan pelayanan kepada pasien, ”tandasnya.

 Laporan: Seda

Related posts