Pembangunan PPI Dua Tahap dan Akan Dilengkapi Sarana Pendukung

 2,301 total views

H. Roestyawan Effendy | Foto : Seda
H. Roestyawan Effendy | Foto : Seda

Kabupaten, Wartatasik.com –  Pengerjaan Dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang berlokasi di Desa Dimabuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya diharapkan bisa selesai secepatnya, agar para nelayan dapat memanfaatkan dalam meningkatkan hasil tangkapannya di laut. PPI yang anggarannya bersumber dari Anggaran Provinsi Jawa Barat tersebut diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp 65 miliar lebih sampai proses penyelesaian.

Ditemui di kantornya di Dinas Perikanan, Peternakan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/08) tadi pagi, PPTK Pembangunan PPI Cimanuk, H. Roestyawan Effendy menerangkan, proses pembangunannya melalui dua tahap. Untuk tahap pertama, kata Ia, yakni pada anggaran tahun dan  ini sudah dimulai dengan besar anggaran Rp. 34,5 miliar lebih. “Untuk pengerjaan tahun depan, kita masih membutuhkan dana kurang lebih Rp.30 miliar lagi untuk merampungkannya,” ujarnya.

Dituturkan Ia, untuk lebih memaksimalkan fungsinya setelah selesai pembangunan nanti, pihaknya akan segera melengkapi sarana prasarana pendukung lainnya seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI), pembangunan Pabrik Es, Gudang Penyimpanan serta fasilitas kantor. ”Kita akan melengkapi sara pendukung lainnya, agar PPI dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal,” jelasnya.

”Dengan dibangunnya Dermaga  PPI diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi para nelayan yang ada di Selatan Kabupaten Tasikmalaya dalam meningkatkan hasil tangkapannya, serta akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi para nelayan yang jumlahnya mencapai 3.376 orang. Otomatis, dengan meningkatnya hasil tangkapan akan berdampak terhadap PAD,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts