Pemkab Tasik Gelar Acara Mengenang Lahirnya Monumen Geger Hanjuang

 2,171 total views,  4 views today

Foto : Dok. Humas Setda Kab. Tasikmalaya
Foto : Dok. Humas Setda Kab. Tasikmalaya

Kabupaten, Wartatasik.com – Dalam rangka memperingati  Hari Jadi Tasikmalaya ke-905 Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan acara mengenang sejarah lahirnya Tasikmalaya di Monumen Geger Hanjuang Desa Linggamulya Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis (22/8/2016). Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd., para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, Unsur Muspida, tokoh masyarakat, dan ulama setempat.

UuBupati Tasikmalaya dalam sambutannya antara lain mengatakan, keberadaan komplek monumen geger hanjuang memang belum sepenuhnya dibangun secara lengkap dan komprehensif sebagai sebuah ikon historis, namun Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berkeyakinan, bahwa spirit psikolosis lah yang diharapkan memiliki pengaruh lebih kuat kepada kita masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

”Spirit psikologis yang saya maksud adalah sebuah monumen yang memancarkan ketangguhan hati dan ketetapan batin untuk menghargai dan  mewarisi semangat juang para leluhur” ujar Bupati. Bupati menjelaskan, sejarah Pemerintah Tasikmalaya mulai dari Tawang Galunggung, Sukakerta, Sukapura, Manonjaya, Tasikmalaya, dan kemudian sekarang di Singaparna, ditandai dengan rentetan peristiwa historis yang unik, bergerak searah dengan perkembangan masa kerajaan, masa kolonialisme, masa perjuangan kemerdekaan, dan masa kemerdekaan, merupakan sebuah catatan yang patut kita renungkan.

“Sejarah adalah refleksi yang bukan hanya dokumen masa lalu melainkan cermin bagi masa depan yang akan menjadi panduan jalan dan kesaksian bagi generasi saat ini, dengan peringatan Hari jadi Tasikmalaya kita dapat mentransformasikan nilai-nilai positif masa lalu bagi kehidupan kita saat ini, dan kehidupan kita di masa yang akan datang, dengan cara berkarya dan berkarsa secara lebih baik, untuk diri kita dan masyarakat pada umumnya, imbuh Bupati.

Bupati mengharapkan, momentum sejarah geger hanjuang juga harus dapat menjadi kebanggaan bagi generasi saat ini dalam mengenang keberhasilan pembangunan pemimpin terdahulu.  “Saya juga akan bangga jika hasil pembangunan di masa kepemimpinan saya akan dikenang oleh anak cucu kita nanti”  harap Bupati. Untuk mencapai keberhasilan dalam masyarakat, Bupati memberikan dorongan kepada orang tua agar secara sungguh-sungguh dalam mendidik anak-anaknya  “kepada orang tua, mari kita lakirkan generasi yang tangguh, kuat iman dan  akidah serta kuat dalam ekonomi dengan pendidikan yang baik”  ajak  Bupati.

Dengan pendidikan yang berkualitas suatu saat nanti akan lahir pemimpin nasional berasal dari Kabupaten Tasikmalaya.” Dengan potensi SDM yang baik, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang akan lahir Menteri, Duta Besar bahkan presiden dari tanah Sunda khususnya dari Tasikmalaya” ujar Bupati. Usai memeberikan sambutan, Bupati berkesempatan membagikan sembako bagi masyarakat sekitar Monumen Geger Hanjuang dan meninjau pelayanan kesehatan gratis.

Laporan: EQi/Humas Setda Kab. Tasikmalaya

Related posts