Pemkot Diminta Cek Kebenaran Rencana Perehaban Gedung Cagar Budaya Ini

 3,838 total views

Gedung Bank Syariah Mandiri / Soekapoera Institut
Gedung Bank Syariah Mandiri di Jl. Otista Kota Tasikmalaya / Soekapoera Institut

Kota, Wartatasik.com – Seiring berhembusnya kabar akan adanya perehaban salah satu gedung atau bangunan cagar budaya di Kota Tasikmalaya yang sekarang ini digunakan oleh Bank Syariah Mandiri di Jl. Oto Iskandardinata (Otista), Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) sangat mengharapkan agar Pemerintah Kota Tasikmalya melalui dinas terkait mengecek tentang kebenaran isu tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Ketua TTD Hendar Cunay, Jum’at (13/01) tadi siang. Pihaknya menginginkan, jangan sampai ada lagi perubahan cagar budaya seperti yang terjadi di Indihiang beberapa waktu lalu. “Jika terulang kembali, itu membuktikan bahwa dinas terkait tidak ada keinginan untuk melestarikan bangunan peninggalan sejarah,” tegas Cunay.

Ketidakinginan melestarikan peninggalan sejarah, katanya, sama dengan melanggar perundang-undangan yang berlaku tentang cagar budaya. “Dimana dalam aturan itu disebutkan bahwa setiap cagar budaya dibolehkan direhab tetapi tidak sampai merubah bentuk bangunan. Lebih spesifiknya, ada di Undang-undang No. 11 tahun 2010,” singkatnya.

Laporan: Tim

Related posts