Pemkot Evaluasi Fungsi CFD

 1,705 total views

Area Car Free Day (CFD) Jl. KH. Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya /Net
Area Car Free Day (CFD) Jl. KH. Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya /Net

Kota, Wartatasik.com – Pemerintah Kota Tasikmalaya akan segera membenahi lokasi Car Free Day yang digelar setiap Hari Minggu pagi di sepanjang Jl. KH. Zaenal Mustofa. Salah satu alasannya karena sekarang ini kawasan bebas kendaraan bermotor yang rutin dibuka selama tiga jam mulai dari Pukul. 06.00 sampai Pukul. 09.00 WIB itu sudah tidak berfungsi sesuai dengan konsep awal ketika mulai diadakan.

“Sebetulnya fungsi area itu khusus untuk kegiatan olahraga masyarakat dan kegiatan-kegiatan komunitas serta hobi. Namun, sekarang sudah dijadikan tempat mangkal ratusan PKL yang berjualan berbagai jenis produk sehingga suasana kawasan tersebut menjadi sumpek dan tak teratur,” ungkap Kapala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo H. Ahmad Suparman, Jumat (27/3).

Dengan demikian, kata Ia, pemerintah akan melakukan pembenahan untuk mengembalikan fungsi CFD sesuai peruntukannya. Langkah yang sudah dilakukannya saat ini, terang Ahmad, pihaknya sudah melakukan evaluasi serta mendata semua komunitas dan pedagang yang ada. Rencana kedepan, papar Ia, CFD akan dijalankan sesuai dengan program yang diagendakan seperti olahraga, kuliner, komunitas dan yang lainnya.

“Berdasarkan hasil pendataan kemarin, jumlah PKL yang suka mangkal ada sekitar lima ratus pedagang dan komunitas yang tersisa hanya tinggal dua yaitu Komunitas Wisata Kuliner Tasikmalaya dan Rok Pungsat. Sedangkan yang lainnya sudah jarang kumpul-kumpul di lokasi CFD karena mungkin lahan yang ada banyak ditempati pedagang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Dudi Mulyadi menuturkan meski suasana area CFD sekarang ini berbeda dengan sebelumnya namun keadaan udaranya tetap steril dibanding dengan hari-hari biasanya. “Kalaupun makin ramai tapi steril udaranya tetap terjaga. Masalah yang berkaitan dengan didalamnya itu ada masing-masing yang mengurusinya dan jika memang akan dibenahi tentunya bakal lebih baik lagi,” singkatnya. Indra

Related posts

Leave a Comment