Pemkot Kenalkan Industri Kreatif ke Sejumlah Negara Sahabat

 409 total views

Wali Kota bersama sejumlah perwakilan negara sahabat / Sopyan

Kota, Wartatasik.com – Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui gelaran Tasik Invesment Expo Conference (TIEC) memperkenalkan dan mendorong industri kreatif ke sejumlah negara sahabat. Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Santika, Senin pagi (16/10/2107) itu, Wali Kota H. Budi Budiman mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan kerjasama dengan sejumlah negara lain. Budi memperkenalkan banyak potensi daerah yang dimiliki Kota Tasikmalaya untuk bisa dikembangkan melalui kerjasama yang akan dijalin dengan sejumlah Negara.

“Kami punya banyak potensi industri kreatif seperti bordir, mendong, kelom geulis, makanan khas dan juga yang lainnya. Termasuk kekayaan kuliner dan sektor pertanian. Kurang lebih ada sekitar 10 produk unggulan daerah. Maka dari itu, melalui kegiatan TIEC ini, kami mendorong dan melakukan kerjasama dengan negara sahabat untuk mempromosikannya supaya lebih dikenal oleh banyak Negara di dunia,” terangnya.

[sc name=”iklanadsense2″]

Mengenai kerjasama yang telah dilakukannya selama ini, Wali Kota mengungkapkan, sudah bekerjasama dengan Negara Jerman terkait soal pengembangan industri bordir. Dan rencananya akan ada dua orang yang diberi pelatihan oleh pihak Jerman.”Dengan Jerman kita sudah melakukan kerjasama, dan kami akan mengirim dua orang kesana guna meningkatkan industri bordir dengan pelatihan tentang desainnya. Karena Jerman punya kelebihan teknologi dan desain modelnya,” tambah Ia.

Pihaknya juga akan mencoba menjalin kerjasama yang sangat apik dengan sejumlah negara Timur Tengah yakni salah satunya untuk memperluas pemasaran baju gamis di luar negeri. “Dengan Negara Singapura kami juga sudah menjalin kerjasama untuk industri meubel. Ke depan akan kita mecoba lebih mendorong produk anyaman mendong, termasuk dengan negara-negara Asean lainnya yang banyak menggunakan jasa para perajin Tasikmalaya,” papar Budi.

Ia menyatakan, dengan tembusnya produk industri kreatif ke luar negeri mengartikan bahwa para perajin Tasikmalaya sangat dibutuhkan atau diperlukan  dan mempunyai daya saing yang sangat tinggi. “Kami harap, kerjasama yang sudah terjalin bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun dan juga produk-produk Kota Tasik ke depan bisa dilirik oleh banyak Negara lainnya sehingga daerah Tasikmalaya bisa dikenal luas di dunia,” tegas Wali Kota. Sopyan

Related posts