Pemkot Tasik Raih Penghargaan Terbaik Fasilitasi Pilkada 2017

 1,304 total views

Sejumlah Pemerintah Daerah saat menerima penghargaan dalan kegiatan Hari Otda di Kab. Sidoarji-Jatim / Tim
Sejumlah Pemerintah Daerah saat menerima penghargaan dalan kegiatan Hari Otda di Kab. Sidoarjo-Jatim / Tim

Nasional, Wartatasik.com – Dalam giat Upacara Hari Otonomi Daerah XXI tingkat Nasional yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo-Jatim, Selasa (25/04), mulai Pukul 09.00 sampai Pukul 11.00 WIB dengan Tema “Dengan semangat oronomi daerah kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-Government”, Kota Tasikmalaya meraih penghargaan dengan predikat Pemkot Terbaik Kategori Fasilitasi Pilkada Serentak 2017 bersama dengan Pemprov Sulbar, Kab. Barito Selatan dan Kab. Tambraw. Piagam diterima oleh Kepala Kantor Kesbangpol H. Deni Diyana.

Dalam kegiatan yang dihadiri Menko Polhukam , Mendagri, para pejabat dari Kementrian-kementerian RI, Anggota DPR & DPD RI, Gubernur seluruh Indonesia, Bupati/Walikota se- Indonesia, Forkopimda Prov. Jatim dan Kab. Sidoarjo, tokoh politik, pemerintahan dan tokmas tersebut, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Mendagri atas dipilihnya Sidoarjo sebagai tempat penyelenggaraan Hari Otda XXI.

Sementara itu, Dirjen Otda DR. Soemarsono mengungkapakan, bahwa dalam momemtum evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, Kab. Sidoarjo 3 kali berturut-turut kinerja terbaik penyelenggaraan pemerintahan daerah. Maka dari itu, katanya, dipilih sebagai tempat penyelenggara hari Otda XXI. Pada tahun 2016 hanya 524 pemerintah daerah yang menyampaikan LPPD 2015 dari 542 wilayah yang diantaranya 18 pemerintah daerah terdiri dari satu pemerintah provinsi dan 17 penmerintah kabupaten belum wajib menyampaikan LPPD dengan alasan masih merupakan daerah otonom baru.

Lalu, Menko Polhukam Wiranto menyampaikan ucapan selamat kepada daerah yang mendapat penghargaan. Ia mengatakan, kebijakan pembangunan daerah fokus pada sektor ekonomi strategis, peningkatan keluarga miskin dengan cara bantuan modal usaha, pengembangan pasar-pasar tradisional, dll. Peningkatan investasi dengan mempermudah akses perizinan. Sinergitas antara pemda dengan pemerintah pusat serta memberikan kemudahan usaha untuk mendorong peningkatan lapangan kerja. Bhineka atau keberagaman, menurutnya, bukan suatu kelemahan melainkan sebuah kekuatan yang luar biasa untuk kemajuan bangsa.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk implementasi e-government. Mengajak untuk berbuat yang terbaik melalui pelayanan publik yang adil dan berkualitas. Penganugerahan kepada 23 pemerintah daerah berkinerja terbaik berdasarkan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (EKPPD) tahun 2016. Pemerintahan itu terdiri dari tiga pemerintah provinsi, 10 pemerintah kabupaten dan 10 pemerintah kota. Acara ditutup dengan do’a oleh kepala Kemenag Kab. Sidoarjo.

Laporan: Tim Wartatasik

Related posts