Pencak Silat Jati Diri Urang Sunda

 1,836 total views,  8 views today

Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin saat bersalaman bersama Guru Besar Pencak Silat Padjadjaran | Foto : Tantan
Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin saat bersalaman bersama Guru Besar Pencak Silat Padjadjaran | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Ratusan Jawara pencak silat menghadiri Pelantikan Pengurus Pencak Silat Padjadjaran Cabang Kabupaten Ciamis serta mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Guru Besar (Gubes) Cup Padjadjaran III-2016 Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Cabang Ciamis dilaksanakan dari Tanggal 24-27 Agustus 2016 di Gedung Gelanggang Galuh Taruna (GGT), Ciamis, Rabu (24/8).

Ketua Umum Pencak Silat Padjadjaran Gubes Cup Cabang Ciamis H. Dedi Bono mengimbau kepada seluruh anggotanya agar terus mempererat tali silaturahmi serta melestarikan seni budaya Pencak Silat asli Indonesia. “Dan yang terpenting untuk mencari atlet berbakat guna mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional kelak. Kami mencari bibit atlet pencak silat sejak dini, serta melestarikan budaya Indonesia,” katanya.

Diterangkan Ia, kejuaraan Pencak Silat Padjadjaran terbagi beberapa kategori diantaranya usia dini dan pelajar. Dalam kejuaraan tersebut menampilkan sebanyak 238 partai pertandingan yang diikuti 300 atlet putra dan putri, se-Wilayah Indonesia.”Alhamdulillah, para peserta yang mengikuti kejuaraan sekarang ini berasal dari kota Provinsi Jawa Barat, Jakarta, Kalimantan, dan ditambah dari dua negara lain yakti Brunei Darusalam dan Malaysia,”ujarnya.

Ia menambahkan, dari hasil kejuaraan tersebut akan menjadi salah satu jalan untuk menemukan jati diri urang Sunda, serta seluruh atlet berprestasi akan di bawa ke event Internasional.  Sementara itu, Bupati Ciamis Drs. H. Iing Syam Arifin menyampaikan terima kasih atas pengukuhan pengurus Pencak Silat Padjadjaran itu. “Dengan pengukuhan pengurus baru ini bisa menjadi hal yang sangat positif dalam dunia persilatan,” ungkapnya.

Iing mengatakan, dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, Jawa Barat akan mengirimkan sebanyak 23 atlet dengan harapan Jawa Barat Ka Hiji bisa mencapai target menjadi juara umum. Khusus untuk target Ciamis pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Bogor, lanjut Ia, Pencak Silat Padjadjaran harus menjadi pemenang serta wakil untuk tampil pada Porda yang akan datang. “Diharapkan menjadi salah satu standar dari perguruan Pencak Silat yang berada di Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Laporan: Tantan

Related posts