Pendamping Desa Dituntut Punya Wawasan dan Profesional

 1,624 total views

Silaturahmi dan Pembekalan Tenaga Pendamping Desa | Foto : Seda
Silaturahmi dan Pembekalan Tenaga Pendamping Desa | Foto : Seda

Kabupaten, Wartatasik.com –  Sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2014 dan Permendesa No. 3 Tahun 2015 bahwa Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa merupakan kegiatan untuk melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan dan fasilitasi desa. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam melaksanakan tugas dilapangan tenaga pendamping desa dan tenaga ahli dituntut memiliki wawasan yang luas serta bekerja secara profesional.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Tenaga Ahli (TA) TTG Kab.Tasikmalaya Taofikul Anwar dalam acara silaturahmi dan peningkatan kapasitas para tenaga dan petugas pendamping desa, tenaga ahli dan pendamping lokal desa di Aula Hotel Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Rabu (07/09).

”Kegiatan silaturahmi ini, sebagai wadah untuk saling berkumpul sekaligus memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang tugas dan fungsi sebagai tenaga-tenaga di lapangan. Kita memberikan pembekalan kepada para tenaga pendampingan desa agar setelah melaksanakan tugasnya di lapangan memiliki skills serta wawasan dan kemampuan yang mumpuni, sehingga dapat bekerja secara profesional dalam mengembangkan dan memajukan desa dan masyarakat desa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kehadiran tenaga pendamping dan tenaga ahli di desa harus mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan maju karena desa sendiri membutuhkan perubahaan dari segi pembangunan dan infrastruktur yang baik. ”Mereka (tenaga pendamping) harus menjalin hubungan yang sinergis dengan aparat pemerintahan desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, harus memberikan pendampingan bersama kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahannya, kerja sama bersama masyarakat desa dalam pembangunan berdasarkan kebutuhan dan program desa itu sendiri,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts