Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Tasik Naik, Ini Sebabnya

 1,779 total views

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim / Asron

Kota, Wartatasik.com – Pendapatan daerah Kota Tasikmalaya untuk anggaran perubahan tahun ini naik 19.67 persen atau Rp.1.540.616.762.228 menjadi Rp.1.843.704.047.906, sementara untuk belanja 25.19 persen atau Rp.1.578.321.899.723 jadi Rp.1.975.917.064.210. Hal tersebut dituangkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) DPRD Kota Tasikmalaya.

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PDIP Muslim mengatakan, pada umumnya kenaikan mendasar pada kebutuhan prioritas program yang akan dilaksanakan di tahun perubahan guna menekan angka kemiskinan sehingga dinilai harus ada penganggaran. “Kami lihat, tren ekonomi Kota Tasik maju namun tidak menurunkan angka kemiskinan dan posisinya tetap masih paling atas di Jawa Barat. Ini disebabkan program yang dilaksanakan belum merata karena masyarakat miskin tidak tersentuh,” ungkap Ia, Rabu (02/08).

Sehingga, menurutnya, perlu ada upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan melakukan pemberdayaan infrastruktur jalan dan pemberdayaan program ekonomi ke wilayah pondok pesantren. “Karena Tasik daerah pesantren maka bisa diberdayakan untuk membangun ekonomi dengan melibatkan warga atau masyarakat sekitar, misal membuat toko sembako yang dikelola masyarakat bersama orang-orang pesantren,” terang Muslim.

Disamping itu, perbaikan infrastruktur jalan ke wilayah produksi untuk kelancaran akses para pengusaha atau warga yang membuka usaha sehingga aktifitasnya tidak terhambat akibat jalur jalan yang tidak memadai. “Penganggaran ini memang sangat dibutuhkan guna mendorong pelaksanaan program pemerintah yang diharapkan bisa mengatasi kesenjangan ekonomi yang terjadi dan dirasakan semakin tajam,” tandasnya. Indra/Asron

Related posts