Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Warga BBR Gotong Royong Bikin Sumur

 2,455 total views

Warga Paseh Gg. Babakan Baru
Warga Paseh Gg. Babakan Baru tengah mengambil air bersih di sumur hasil buatannya

Kota, Wartatasik.com – Lama tak kunjung hujan, membuat kebutuhan air bersih semakin sulit didapat. Hampir tujuh bulan lamanya musim kemarau melanda dan hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami krisis air bersih.

Sebagai upaya menyiasati kebutuhan air tersebut, Warga Paseh Gg. Babakan Baru Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya bergotong royong menggali sumur di kolam ikan milik warga setempat.

“Kalangan tua maupun muda ramai-ramai bekerja sama membuat sumur. Gotong royong ini dibantu juga oleh kaum ibu-ibunya dengan menyediakan makanan untuk penggali sumur. Alhasil, dua sumur sudah jadi, dan Alhamdulilah keduanya banyak airnya dan juga bersih,” tutur Wawang Gunawan kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Sabtu (24/10)

Ia menambahkan, sebenarnya warga di kampungnya itu selalu rutin meggelar hal serupa di setiap musim kemarau panjang. “Satu sumur untuk kebutuhan warga mandi, dan satunya lagi buat mencuci dan diambil untuk memasak atau kebutuhan lainnya di rumah,” paparnya.

Ditempat yang sama, Neneng (47) mengaku Ia dan warga lainnya merasa terbantu dengan adanya sumur buatan hasil gotong-royong tersebut. Karena, ungkapnya, sumur yang ada dirumahnya sudah mongering. Dengan upaya tersebut, Neneng mengaku sangat mudah mendapatkan air bersih alias tak usah jauh mencari kemana-mana.

“Sebelum ada sumur buatan disini, Saya harus mengambil air di sumur MCK umum yang lokasinya lumayan agak jauh dari rumah. Meski sudah ada sumur buatan ini, Saya harap musim hujan segera tiba biar lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan air,” imbuhnya.Asron

Related posts

Leave a Comment