Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules di Wamena Mulai Diselidiki

 2,065 total views

Tempat jatuhnya pesawat / Net
Tempat jatuhnya pesawat / Net

Nasional, Wartatasik.com – Pihak TNI Angkatan Udara akan memulai penyelidikan jatuhnya pesawat Hercules di Wamena, Papua hari ini. Tim itu dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja. “Jadi, tim penyidik itu sudah dibentuk, diketuai oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara. Sudah bergerak, tapi belum tahu sampai di mana,” kata Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo saat dihubungi detikcom, Senin (19/12).

Teguh mengatakan, penyelidikan itu akan dimulai dari mengecek lokasi jatuhnya pesawat di Gunung Tugima, Wamena, Papua tersebut. “Iya akan mulai pengecakan mulai dari jatuhnya pesawat, kemudian semua yang terkait itu. Untuk lebih jelasnya ke TNI AU saja,” ujarnya. Pesawat yang jatuh itu adalah Hercules C-130 HS. Pesawat Hercules tersebut disebut layak terbang.

“Secara kelaikan pesawat ini layak terbang, sisa jam terbang 69 jam terbang, semua kondisi layak terbang,” ujar Wakasau Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam jumpa pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/12). Hadiyan mengatakan pesawat tersebut dalam misi latihan dalam rangka peningkatan kemampuan penerbang. Hadiyan menduga jatuhnya pesawat karena faktor cuaca. “Perkiraan awal kecelakaan terjadi awal karena cuaca,” ungkapnya.

Sumber: detik

Related posts