Penyematan Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Ciamis

 2,855 total views

Penyematan Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Ciamis di Aula Hotel Budi Family, Rabu (10/8) | Foto : Tantan
Penyematan Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Ciamis di Aula Hotel Budi Family, Rabu (10/8) | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Ciamis Drs. H. Toto Marwoto membuka secara langsung pemusatan pelatihan yang ditandai dengan penyematan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016 Kabupaten Ciamis di Hotel Budi Family, Rabu (10/8).

Kadisdikbud mengungkapkan, para calon anggota Paskibraka yang mewakili tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Ciamis merupakan calon terpilih dari seleksi yang ketat. “Kita bentuk calon Paskibraka untuk mempersiapkan generasi bangsa,” ujarnya. Toto mengatakan, yang paling dinanti pada saat upacara hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang yaitu saat pengibaran bendera, sehingga pihaknya menilai perlu adanya persiapannya yang matang.

Menurutnya, calon anggota Paskibraka mempersiapkan diri dari berbagai aspek mulai dari makan, istirahat dan yang lainnya. “Semua harus diatur dengan baik, karena itu penting untuk menjaga kondisi calon anggota agar maksimal hingga nanti waktu pelaksanaan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ia, semua calon anggota harus belajar loyalitas, sebuah keseimbangan dan kekompakan sesama anggota dikarenakan sesama tim harus saling membantu selama pelaksanaan nanti. “Jangan sampai ada yang ragu-ragu dan semuanya harus serius. Karena momen pengibaran adalah momen yang paling ditunggu. Lebih baik mandi keringat daripada mandi darah ketika bertanding,” tuturnya.

Selain itu, terangnya, sangat dibutuhkan konsentrasi penuh ketika mendapatkan intruksi saat menjadi satu kesatuan gerak dan misi selama menjalankan tugas. Calon anggota Paskibraka merupakan orang-orang pilihan yang nantinya akan tampil terdepan, sehingga diharapkannya tidak sampai mengecewakan. “Kami minta agar calon anggota Paskibraka dapat konsentrasi dengan baik untuk persiapan 17 Agustus nanti,” harapnya.

Toto menambahkan, seseorang yang telah terpilih menjadi calon Paskibraka harus mampu menunjukan kualitas, etika yang baik serta wawasan kebangsaan yang luas. Sebab, katanya, dengan terpilih sebagai calon anggota Paskibraka, telah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh tim seleksi, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan serta tim dari kabupaten. Dirinya berpesan agar anggota Paskibraka terus menjaga kondisi kesehatan dan fisik serta kekompakan tim selama mengikuti pelatihan untuk mensukseskan pelaksanaan upacara hari kemerdekaan nanti.

Sementara, Panitia Paskibraka Muhammad Farid menjelaskan, untuk pelatihan dasar baris berbaris dan pelatihan fisik akan dilaksanakan di Taman Lokasana yang merupakan lokasi pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71. Sedangkan, tutunya, untuk pelatihan yang bersifat non fisik akan dilaksanakannya di Aula Hotel Budi Family yang sekaligus menjadi tempat penginapan para peserta. “Kita mulai melaksanakan pelatihan baris berbaris dasar di Taman Lokasana sore ini,” ucapnya.

Laporan: Tantan

Related posts