Per Dua Jam, Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Kanker Rahim

 2,219 total views

kegiatan Pemeriksaan IVA dan Papsmear yang di selenggarakan BPJS Kesehatan Kota Tasikmalaya di RSIA Bunda Aisyah Jalan RE.Martadinata, Jum’at (29/07) tadi pagi. | Foto : Seda
kegiatan Pemeriksaan IVA dan Papsmear yang di selenggarakan BPJS Kesehatan Kota Tasikmalaya di RSIA Bunda Aisyah Jalan RE.Martadinata, Jum’at (29/07) tadi pagi. | Foto : Seda

Kota, Wartatasik.com – Penyakit kanker rahim yang sering diderita kaum wanita merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini sebenarnya bisa diantisipasi melalui pemeriksaan sedini mungkin atau deteksi dini melalui pemeriksaan IVA atau Papsmear.

Tak sedikit kaum wanita meninggal dunia karena terlambat melakukan pemeriksaan jenis penyakit ini. Untuk itu, melalui kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsmear yang gagas oleh Kantor BPJS Kesehatan Kota Tasikmalaya dapat membantu para ibu-ibu untuk memeriksakan guna mendeteksi sedini mungkin adanya kanker rahim dalam organ vital.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Dr. Cecep Zainal Kholis saat membuka kegiatan Pemeriksaan IVA dan Papsmear yang di selenggarakan BPJS Kesehatan Kota Tasikmalaya di RSIA Bunda Aisyah Jalan RE.Martadinata, Jum’at (29/07) tadi pagi.

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan mengharapkan agar terus dilakukan bukan hanya kepada wanita yang sudah menikah atau perempuan yang sudah melakukan hubungan seks. ”Kami berharap kegiatan ini juga perlu dilakukan kepada anak-anak sekolah tingkat SMA dalam bentuk pemahaman atau pengenalan agar nanti setelah menikah mereka rajin memeriksakan rahimnya ke tempat pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam hitungan jam ataupun setiap hari penyakit kanker rahim banyak menyebabkan kematian. “Berdasarkan data, di dunia dua orang meninggal dalam per menit. Sedangkan, di Indonesia dua orang per dua jam. Lalu, di Jakarta satu orang per dua hari. Dengan ini, kami mengajak dan mengimbau kepada para ibi khususnya peserta JKN untuk rajin memeriksakan diri, agar deteksi dini kanker rahim ini bisa di antisipasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Komunikasi Publik dan Kepatutan Kantor BPJS Kesehatan Perwakilan Tasikmalaya Sumbut Murwata menjelaskan, kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsmear adalah bagian deari rangkaian kegiatan HUT BPJS Kesehatan yang ke-48 . “Kegiatan ini sebagai upaya untuk mencegah penyakit kanker rahim secara promotif dan preventif yang bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) dan Laboratorium Kimia Farma. Gerakan ini dilaksanakan serentak secara nasional,’’ papar Ia.

Sumbut menuturkan, untuk kegiatan pemeriksaan khusus di wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari lima lokasi yang bisa ditatangi warga yakni RSIA Bunda Aisyah, Puskesmas Kawalu, Puskesmas Purbaratu, Puskesmas Hanyar serta Puskesmas Cibeureum. ”Kami berharap melalui kegiatan ini bisa mengajak para peseta JKN untuk dapat meningkatkan kesadaran dan selalu menjaga kesehatan terutama daerah kewanitaan dan aktif untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker rahim,” tandasnya. Seda

 

Related posts