Perangkat Desa dan Kecamatan Dibekali Cara Menyusun Rencana Pembangunan

93 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Aparat desa dan kecamatan di Kab. Tasik saat mengikuti kegiatan Desiminasi / Seda
Aparat desa dan kecamatan di Kab. Tasik saat mengikuti kegiatan Desiminasi / Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Sejumlah Sekretaris Desa dan Kasi Pemerintahan tingkat Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Senin (21/11), mendapat pembekalan dan pengetahuan tentang pengelolaan program-program kegiatan di unit kerjanya masing-masing melalui kegiatan Diseminasi Sistem Perencanaan Pembangunan Desa yang digelar di Hotel City Tasikmalaya.

Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan Bappeda Kab. Tasikmalaya Hj. Joelistyana Widjajanti mengatakan, diklat disiminasi salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan kinerja aparatur desa serta kecamatan terutama dalam perancangan pembangunan di desa sampai dengan pengelolaaannya.

”Aparatur desa dan kecamatan harus bisa menyusun dokumen perencanaan yang baik mulai dari RPJMD, APBDdes sesuai dengan aturan berlaku. Seperti diketahui, adanya Undang-undang Desa yang baru, aturannya banyak. Sehingga perangkat desa dan kecamatan harus bisa mengelola dengan baik, terutama dokumen-dokumen perencanaan pembangunan di desa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dokumen perencanaan yang disusun oleh aparatur di tingkat desa maupun kecamatan bisa berkesinambungan antara dokumen dari RPJMD Kabupaten dengan di desa lebih bagus sesuai dengan potensi dan permasalahan yang ada di desa. ”Kita ingin mengevaluasi dokumen yang mungkin isi dan kontennya masih kurang memenuhi syarat dan itu perlu diperbaiki juga ditingkatkan,” tutur Hj. Joelistyana.

Ditegaskannya, kegiatan disiminasi sangat penting bagi para perangkat desa dan kecamatan karena bisa menambahn ilmu dan wawasan atau pengetahuan. Dalam kegiatan itu, pihaknya menghadirkan pemateri dari Inspektorat, Bappeda, Setda Kab. Tasikmalaya, BPMKB serta Akademisi. ”Ini dapat memperbanyak perbendarahaan ilmu dalam merencanakan dokumen-dokumen pembangunan di desa, sehingga dalam penyusunan dan perencanaan yang partisipatif lebih baik dan berkualitas,” tandasnya.

Hj. Joelistyana Widjajanti
Hj. Joelistyana Widjajanti

Laporan: Seda

Related posts