Puskesmas Kec. Tawang di Jl. RAA. Wiratanuningrat KOta Tasikmalaya.
Puskesmas Kec. Tawang di Jl. RAA. Wiratanuningrat KOta Tasikmalaya.

Kota, Wartatasik.com – Baru-baru ini ada seorang warga asal Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya mendatangi Puskesmas Kec. Tawang dengan maksud untuk melakukan perawatan gigi. Berdasarkan pengakuannya di saat menjalani pemeriksaan medis dirinya hendak disuntik dengan obat penahan rasa sakit yang sudah kadaluarsa. Kejadian itu sontak membuatnya langsung mengurungkan niat untuk memeriksakan gigi karena takut terjadi hal yang buruk menimpanya. Lalu, Ia hanya melakukan pemeriksaan biasa dan diberi obat umum oleh pihak Puskesmas yang berada di sekitar alun-alun itu.

Ketika dikonfirmasi, Selasa (12/05) tadi siang, salah seorang Perawat Gigi Puskesmas Kec. Tawang Nunung Nurliasari membantah bahwa pihaknya akan melakukan penyuntikan dengan obat yang sudah habis masa berlakunya atau kadaluarsa kepada pasien tersebut. “Kalau kedatangannya kesini memang ada dan benar akan melakukan perawatan gigi. Namun, pihak kami tidak melakukan seperti yang dikatakan pasien tersebut. Justru, kami malah merujuknya ke rumah sakit umum karena kondisi sakitnya tidak bisa ditangani di Puskesmas ini,” akunya.

Masalah penyediaan obat, kata Ia, pihaknya selalu rutin melaporkan dan meminta stok obat kepada dinas yang menaunginya atau membelinya ke apotek jika obat yang dibutuhkan tidak tersedia di dinas terkait. “Untuk obat-obat yang sudah kadaluarsa biasanya selalu  dibuang dan memintanya lagi langsung ke dinas. Jadi, intinya kami tidak gegabah dalam melaksanakan tugas apalagi harus memberikan obat kadaluarsa yang dapat berakibat fatal. Kemungkinan ini terjadi karena ada kesalahpahaman atau miskomunikasi. Diharapkan kejadian ini tidak terulang lagi dan akan dijadikan sebuah kontrol buat kami dalam melakukan pelayanan untuk kedepannya dengan seoptimal mungkin,” tandasnya.Indra/Asron

Facebook Comments
BAGIKAN