Percantik Kota dengan Wisata Lampu

 2,950 total views

H. Maman Suwarman / Asron

Kota, Wartatasik.com – Upaya Bidang Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Tasikmalaya diam-diam menghanyutkan. Di tahun ini, sudah ada sejumlah konsep yang diagendakan oleh bidang tersebut. Pastinya, hal itu dilakukan guna mempercantik estetika kota kedepan. Kabid. Pertamanan dan Pemakaman H. Maman Suwarman didampingi Kasi. Taman dan Dekorasi Heru Susanto memaparkan, selain terus melaksanakan kegiatan pemerliharaan taman-taman yang sudah ada juga telah menyiapkan rancangan untuk beberapa tahun kedepan.

“Untuk tahun ini kita masih banyak melakukan pemeliharaan. Tapi untuk kedepan kami tengah merencanakan beberapa konsep untuk estetika taman. Misal, akan merealisasikan pembuatan taman di setiap kantor baik pemerintah maupun swasta dan hal itu tak lepas dari upaya kerjasama yang akan kita lakukan dengan banyak pihak mulai dari pengusaha dan yang lainnya,” kata Maman, Selasa (04/07).

Disamping itu, sekarang ini bidang pertamanan tengah berkonsentrasi terhadap pembangunan tugu yang berlokasi di Jl. Pasar Lama. Rencananya, tugu yang masih dibangun itu akan difungsikan juga sebagai sarana wisata lampu. “Konsepnya sudah ada. Dalam tugu yang dirancang dengan ciri khas Batik Tasik itu kita akan buat permainan lampu,” terang Ia.

Wisata lampu juga akan dibuatnya sejumlah titik termasuk di sekitaran Alun-alun, Jembatan Ciloseh Simpang Lima, Jembatan Cimulu dan beberapa titik lainnya. “Hal itu untuk lebih menghidupkan estetika taman di kota ini. Jadi, masyarakat bisa menikmatinya siang malam. Siang dengan rindangnya pepohonan juga tanaman dan malamnya gemerlap lampu-lampu hias,” tambah Maman.

Dituturkan Ia, upayanya itu sebagai dorongan terhadap realisasi program Gemar Manasik atau Gerakan Masyarakat Menata Kota Tasik. “Intinya, kami sangat mengharapkan peran aktif dari masyarakat untuk mendukung program pemerintah kuhsusnya dalam bidang pertamanan. “Semoga, semua upaya ini bisa terealisasi sesuai rencana sehingga estetika taman di Kota Tasik lebih hidup dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Ia.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut merawat atau memelihara taman-taman yang sudah ada agar dapat tertata dengan rapi serta manfaat dari bangunan berikut sarana taman di Kota Tasikmalaya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.Laporan: Indra/Asron  

Related posts