Peringati Hari Siap Siaga Bencana, BPBD Kota Tasik Gelar Simulasi

 5,406 total views

Kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana yang digelar BPBD Kota Tasikmalaya / Seda
Kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana yang digelar BPBD Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh tanggal 26 April 2017, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mengelar kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana. Simulasi dalam menghadapi bencana dilaksanakan di Lembaga Pendidikan SLB Yayasan Bahagia, Jalan Taman Pahlawan Nomor 20 Kec.Tawang Kota Tasikmalaya, Rabu (26/04) pagi tadi.

Dalam simulasi tersebut, sedikitnya diikuti 150 siswa-siswi dan puluhan Guru Sekolah SLB Yayasan Bahagia ikut serta dengan oleh dibimbing petugas dari BPBD Kota Tasikmalaya. Kepala BPBD H. Soni Sudrajat mengatakan, kegiatannya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat serta anak pelajar agar waspada dalam menghadapi bencana, dan kegiatan serupa dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

”Hari ini, lahirnya Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana nasional. Untuk itu, BPBD Kota Tasik mengadakan sosialisasi berupa simulasi penanggulangan gempa bumi dan roadshow ke sekolah, agar para pelajar terbangun kesadarannya untuk tetap waspada dalam menghadapi bencana yang sedang terjadi,” jelasnya. Kegiatannya juga sebagai bagian untuk mewujudkan Kota Tasikmalaya menuju Kota tangguh bencana.

Sementara itu, Pengawas Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Provinsi Jawa Barat H. Ate Suwandi yang turut hadir dalam simulasi itu sangat menyambut baik kegiatan tersebut. ”simulasi ini cukup bagus, khususnya bagi siswa sangat dibutuhkan, termasuk para guru-guru perlu ada pelatihan semacam ini sehingga bila terjadi bencana semua waspada dan dapat menyelamatkan diri dari dampak bencana. Tidak sampai tidak ada korban jiwa, terutama bagi siswa SLB yang notabene berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Ia menjelaskan, program yang dilaksanakan oleh BPBD Kota Tasikmalaya dalam penanggulangan bencana selaras dengan program yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi. ” Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memiliki program namanya Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) dan ini sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh BPBD Kota Tasik,” tandasnya.

 Laporan: Seda

Related posts