Peringati Harlah Ke-1, Padepokan Buana Medal Sakti Akan Gelar Kibar Budaya

 1,345 total views

Dede Sukmajaya | Foto : Asron
Dede Sukmajaya | Foto : Asron

Kota, Wartatasik.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) yang Ke-1, Padepokan Pencak Silat Buana Medal Sakti Cibeuti-Kawalu Kota Tasikmalaya akan menggelar kegiatan Kibar Budaya pada Tanggal 28 Agustus 2016 mendatang. Menurut agenda, rencananya dalam kegiatan tersebut akan menampilkan seni Pencak Silat dari berbagai Pedepokan beberapa daerah yang ada Wilayah Priangan Timur seperti Bandung, Kab. Garut, Kab. Ciamis dan sejumlah daerah lainnya.

Pimpinan Padepokan Buana Medal Sakti yang juga selaku Ketua LSM GMBI Distrik Kota Tasikmalaya Dede Sukmajaya menerangkan, kegiatan yang dilaksanakannya itu sebagai bentuk kepedulian sekaligus upaya mempertahankan keberadaan budaya daerah dan nasional yang sekarang ini sudah meredup ditelan kemajuan zaman.

“Kita akan terus berusaha menanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme khususnya bagi kalangan anak muda sebagai generasi penerus bangsa ini. Salah satunya dengan kegiatan yang sudah kami rencanakan itu. Dalam kondisi seperti saat ini kami mencoba akan mengangkat kembali dan menyemangati serta menyemarakan seni budaya yang kita miliki agar tidak punah oleh budaya luar. Paling tidak, di lingkungan Padepokan binaan kami yang diharapkan dapat berpengaruh positif ke masyarakat luas,” paparnya, Selasa (23/8) tadi siang.

Dijelaskan Dede, untuk acara nanti pihaknya akan mengundang banyak unsur mulai dari elemen masyarakat, birokrasi atau pemerintahan, Ormas  dan LSM, budayawan serta unsur-unsur yang lainnya. Selain memperingati Harla Ke-1, sambung Ia, kibar budaya juga dilaksanakan dalam rangka turut memeriahkan HUT RI Ke-71 dan acaranya itu tak lepas dari dukungan serta kerjasama masyarakat setempat.

“Melihat keadaan dan eksistensi budaya kita sekarang ini memang sangat memprihatinkan. Jadi, dalam hal ini kami merasa tertarik untuk memelihara budaya karuhun dengan melakukan satu upaya yang positif khususnya mencegah pengaruh negatif budaya asing. Oleh karena itu, diharapkan dalam pelaksanaannya nanti kegiatan yang kami gelar dapat bermanfaat bagi banyak pihak terutama masyakarakat dan juga para generasi penerus,” tandasnya.

Laporan: Indra/Asron

Related posts