Perusahaan Wajib Daftarkan Pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan

 185 total views,  1 views today

Afriadi (kiri) dan Eliana / dok

Kota, Wartatasik.com – BPJS Ketenagakerjaan menjawab Kekecewaan para buruh yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Buruh Indonesia (GOBSI) Tasikmalaya atas ketidakhadirannya dalam aksi buruh yang digelar di Kantor DPRD dan Bale Kota Tasikmalaya, baru-baru ini.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya Afriadi menjelaskan, ketidakhadirannya dikarenakan tidak bisa meninggalkan pelayanan dikantornya untuk melayani buruh yang melakukan klaim jaminan, mulai dari Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian. “Waktu itu di kantor banyak melayani buruh. Kalau ditinggalkan nanti akan terbengkalai,” ungkapnya, Jum’at (15/09/2017), kemarin.

[sc name=”iklanadsense2″]

Ia menegaskan, pada prinsipnya keinginan GOBSI dan pihaknya sama. Selaku badan penyelenggara jaminan sosial, BPJS sudah melakukan upaya kepada perusahaan-perusahaan selaku pemberi kerja di Tasikmalaya agar mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan dengan dasar UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada di Tasikmalaya supaya seluruh pekerja bisa dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, juga melakukan beberapa MOU dengan pemerintah dan stakeholder yang ada di Tasik. Urusan penindakan kepada perusahaan yang bandel itu diserahkan ke pihak yang berwenang,” sambung Ia.

Sementara, Kabid. Pemasaran Eliana menambahkan, selain perusahaan-perusahaan besar, BPJS Ketenagakerjaan juga sudah masuk kepada masyakarat yang Bukan Penerima Upah atau BPU. “Karena visi kami melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja bersama keluarganya,” jelas Eliana.

Lalu, lanjut Ia, misinya adalah melalui program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja, mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional. Indra/Asron

Related posts