Pilkada Kota Tasik Berjalan Sukses, Tingkat Partisipasi Paling Tinggi di Jabar

 1,875 total views

Ede Supriadi / Dok
Ede Supriadi / Dok

Kota, Wartatasik.com – Proses pelaksanaan Pilkada di Kota Tasikmalaya 15 Februari 2017 lalu mencetak sejarah, dimana tingkat partisipasi masyarakatnya dalam menyalurkan hasrat demokrasi cukup tinggi. Ketua Panwaslu Kota Tasikmalaya Ede Supriadi mengatakan, prose pemilu di Kota Tasikmalaya berjalan aman dan kondusif.

“Se-Jawa Barat, Kota Tasik memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi yakni mencapai 81,02 persen dibanding daerah lainnya seperti Bekasi 65 persen  dan Cimahi 71 persen. Bahkan mungkin ini tertinggi  secara nasional,” ungkap Edes.

Ia menerangkan, indikator tingginya partisipasi dalam pencoblosan pada Pilkada 15 Februari karena adanya kepercayaan masyarakat terdapap kinerja penyelenggara pemilu. ”Tingginya partisipasi masyarakat salah satunya karena masyarakat sudah mempercayai penyelenggara. Disamping itu juga, suasana Kota Tasik tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Selain itu juga, lanjut Ia, atas peran berbagai pihak seperti Partai Politik, Pemerintah Daerah, KPU serta pihak-pihak lainnya termasuk peran media masa yang sangat penting dalam menyajikan informasi dan pendidikan politik yang benar serta berimbang kepada masyarakat. ”Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang turut andil dalam proses pemilu di Kota Tasikmalaya termasuk masyarakat yang merupakan pemegang kontitusional tertinggi sebagai pemilih,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts