Plt.Walikota H. Abbas Basyari beserta Tim tengah melakukan Sidak harga Cabai di Pasar Cikurubuk, Rabu (18/01)
Plt. Walikota H. Abbas Basyari beserta Tim tengah melakukan Sidak harga Cabai di Pasar Cikurubuk, Rabu (18/01). | foto: Seda

Kota,Wartatasik.com – Menyikapi gejolak di masyarakat tentang tingginya harga komoditas cabai dipasaran akhir-akhir ini, khususnya di pasar tradisional. Pemerintah kota Tasikmalaya, Rabu (18/01) siang tadi melakukan sidak ke pasar-pasar termasuk Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Sidak yang dipimpin Plt. Walikota H. Abbas Basyari bersama tim teknis terkait lainnya, menyusuri blok-blok yang ada di Pasar Cikurubuk, sembari menanyakan harga cabai ke para pedagang cabai, yang ada di pasar induk tersebut.

Kabag Ekonomi Setda Kota Tasikmalaya H. Rahman S.Sos mengatakan, tujuan digelarnya inspeksi mendadak atau sidak adalah untuk mengetahui harga cabai secara riil dilapangan, “Bersama Walikota, Kami dan terkait lainnya turun ke pasar, untuk melihat kondisi harga cabai di setiap pasar tradisional, apakah memang terjadi kenaikan atau masih harga normal. Jika memang harganya melambung tinggi, Kita akan lakukan referensi untuk melaksanakan Operasi Pasar (OP), khususnya komoditas cabai,” terangnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dari hasil sidak tersebut ternyata harga cabai masih taraf normal, kenaikannya tidak terlalu signifikan, “Untuk harga saat ini, saya rasa masih terjangkau bagi masyarakat untuk membeli komoditas cabai ini,” jelas Rahman. Tapi khusus cabai rawit, lanjutnya, memang kenaikan harganya cukup tinggi. Dan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Bulog, untuk secepatnya menggelar operasi pasar, jenis cabai dibeberapa pasar tradisional.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan serta Kelurahan untuk menggalakan menanam cabai. Tentunya menghimbau kepada warganya, agar dapat menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing, untuk memenuhi kebutuhannya,” tandasnya.

Laporan: Seda