Polres Kota Tegaskan UK Tersangka Pelaku Pembakaran Kios Miras

 3,350 total views

Lokasi pembakaran kios di Jl. BKR Kota Tasikmalaya. | Foto : Dok
Lokasi pembakaran kios di Jl. BKR Kota Tasikmalaya. | Foto : Dok

Kota, Wartatasik.com – Penahanan IG alias Ustadz Kusoy oleh pihak Polres Tasikmalaya Kota bukan semata-mata karena telah melakukan razia atau sweeping terhadap kios jamu milik BC alias Ibar akan tetapi berdasarkan bukti-bukti dan keterangan saksi yang telah diperoleh penyidik setelah melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan yakni aksi pembakaran kios.

Demikian ditegaskan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP. Asep Saepudin, S.Ik didampingi Kasat Reskrim AKP. Riki Arinanda, SH kepada Crew Media Online Wartatasik.com, Jum’at (13/11). Ia menjelaskan, Isi dari hasil penyelidikan dan penyidikan tersebut yaitu bahwa IG alias Ustadz Kusoy mengajak Mis untuk bertemu di rumahnya dan mengajaknya melakukan aksi pembakaran terhadap Kios milik BC alias IBAR.

“Setelah ada ajakan, Ustadz Kusoy dan Mis berangkat menuju kios yang dimaksud di Jl. BKR Kel. Kahuripan Kec. Tawang Kota Tasikmalaya dengan mengendarai sepeda motor merk Yamaha Jupiter MX warna merah. Selain itu, mereka sudah menyiapkan 3 plastik bensin. Sesampai di lokasi kios, Ustad Kusoy turun dari motor dan langsung menyiramkan bensin ke kios milik BC lalu membakarnya dengan menggunakan korek api yang telah dibawanya. Sementara, Mis menunggu di Pinggir Jalan dengan jarak kurang lebih 5-10 meter dari kios,” ungkapnya.

Kemudian, katanya, ketika melakukan pembakaran kios tersebut, Ustadz Kusoy menutup wajahnya dengan kain penutup wajah sehingga yang kelihatan hanya bagian matanya saja. Setelah membakar dan api menyala, lanjut Kapolres, pelaku pergi meninggalkan tempat kejadian dengan masih menggunakan penutup wajah tersebut.

“Lalu, ketika pelaku berjalan menjauhi kios yang terbakar, di Jalan dengan jarak kurang lebih 10 – 15 meter dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) berpapasan dengan seorang warga kemudian warga tersebut menegur pelaku dan terus mengejarnya. Ketika salah seorang warga mengejar, salah satu warga lainnya mencoba meminta pertolongan kepada seorang laki-laki yang terlihat sedang mencoba menghidupkan sepeda motor. Namun, laki-laki tersebut malah menendang motornya hingga terjatuh dan melarikan diri ketika dimintai pertolongan,” paparnya.

Melihat laki-laki tersebut melarikan diri, sambung Ia, warga dengan spontanitas berteriak maling dan ternyata laki-laki yang melarikan diri tersebut adalah Mis. Beberapa saat kemudian, tutur AKBP Asep, seorang warga yang melakukan pengejaran kembali ke tempat kejadian dengan membawa pelaku atau Ustadz Kusoy. Sementara itu, di tempat kejadian sudah berkerumun  warga masyarakat setempat dan para pengguna jalan yang kebetulan lewat. Kemudian, pelaku diamankan dan sempat di interograsi oleh warga.

“Ketika warga menginterograsinya, tidak lama kemudian petugas kami datang dan membawa pelaku ke Mapolsek Tawang untuk diamankan serta dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Akibat dari pembakaran tersebut, kios milik BC alias IBAR terbakar dibagian depan karena api dapat dipadamkan oleh warga sekitar. Langkah-langkah Kepolisian dalam kedua peristiwa tersebut telah melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku pembakaran kios itu. Pada intinya, proses penanganan kasus ini bukan karena pelaku melakukan razia atau sweeping melainkan melakukan aksi pembakaran kios yang diindikasikan menjual minuman keras (miras),” pungkas Alumnus Akpol Tahun 1994 itu. Indra/Asron

Related posts

Leave a Comment