Prihatin, Para Pejuang Tasik Jadi Pahlawan Tak Dikenal

 5,840 total views

Sambil menatap para pejuang, Ketua TTD Hendar Cunay (Kiri) dan Pengurus Taman Makam Pahlawan Karoeng Tasikmalaya, Entam saat berbincang, Selasa (4/10) | Dok
Sambil menatap makam para pejuang, Ketua TTD Hendar Cunay (Kiri) saat berbincang dengan Pengurus Taman Makam Pahlawan Karoeng Tasikmalaya, Entam, Selasa (4/10) | Dok

Kota, Wartatasik.com – Tanggal 5 Oktober merupakan Hari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Kelahiran Tentara Indonesia tentu tidak terlepas dari perjalanan sejarah serta perjuangan rakyat yang pada waktu itu berjuang dengan susah payah merebut dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini. Namun ironisnya, bentuk penghargaan bagi pendahulu tersebut sangat minim dilakukan oleh para generasi penerus khususnya pihak berwenang yang mengelola tempat pengistirahatan terakhir para pejuang yang kebumikan di lokasi Taman Makam Pahlawan.

Salah satu buktinya, kondisi makam para pahlawan yang terletak di Karoeng Kota Tasikmalaya sekarang ini banyak yang tanpa nama di batu nisannya. Menurut keterangan dari Pengurus Makam, Entam (62), ada sekitar 900 nisan makam pejuang tanpa nama atau identitas sehingga hal tersebut sangat menyulitkan pihak keluarga yang akan berjiarah.

Kondisi ini mengundang keprihatinan khususnya dari Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeleo (TTD). Melalui ketuanya Hendar Cunay mengaku turut menyesal dan sangat menyayangkan hal tersebut karena selain akan membingungkan pihak keluarga atau masyarakat yang ingin berjiarah cepat atau lambat juga akan berdampak terhadap identitas masing-masing pejuang dari pahlawan yang dikenal menjadi pahlawan yang tidak dikenal.

“Dengan ini, kami dari TTD sangat mengaharapkan agar pemerintah melalui pihak berwenang untuk segera bertindak melakukan pemasangan nama pada nisan makam para pahlawan yang sekarang ini tak bernama,” ungkap Ia, Selasa (4/10).

Laporan: Asron/Indra

Related posts