Prioritaskan Pejalan Kaki, Dishubkominfo Ciamis Akan Pasang Pelican Crossing

 1,979 total views

H. Eddy Yulianto, A.TD.,MM saat memperlihatkan cara kerja Pelican Crossing | Foto : Tantan
H. Eddy Yulianto, A.TD.,MM saat memperlihatkan cara kerja Pelican Crossing | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Sebagai bentuk kepedulian dan keselamatan pejalan kaki, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan InformatiKa (Dishubkominfo) akan memasang Pelican Crossing. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo H. Eddy Yulianto, A.TD.,MM mengatakan, Pelican Crossing berguna untuk penyeberangan pejalan kaki yang dikontrol lampu lalu lintas dan dioperasikan oleh pejalan kaki.

“Dimana pejalan kaki harus menekan tombol untuk meminta “waktu hijau” pada pengendara kendaraan. Sehingga pengendara kendaraan berhenti dan pejalan kaki dapat menyebrangi jalan,” jelasnya, saat ditemui di kantornya, Selasa (9/8). Eddy menerangkan, dibutuhkan pengertian dan toleransi yang tinggi dari pengendara kendaraan guna memprioritaskan para pejalan kaki tersebut .”Pemasangan Pelican Crossing biasanya berada bukan pada persimpangan jalan, tetapi pada lokasi-lokasi yang terkadang ramai oleh pejalan kaki,” katanya.

Dijelaskannya lagi, Pelican yang berarti ‘Pedestrian Light Controlled’ dengan ‘o’ diubah menjadi ‘a’ untuk kemudahan dan menyerupakan dengan Burung Pelican. Menurutnya, Pelican Crossing memiliki lampu Traffic Light dua warna. “Dua warna itu yakni merah yang berarti tidak boleh menyebrang dan hijau berarti diperbolehkan berjalan, serta dilengkapi zebra cross dan rambu-rambu pendukung lainnya,” tegasnya. Tantan

 

Related posts