Program Bansos Disalurkan Lewat BNI

 8,309 total views

Dien Aryantantri | Seda
Dien Aryantantri | Seda

Kota, Wartatasik.com – Bantuan sosial yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) dari Kementerian Sosial RI untuk Kota Tasikmalaya mulai disalurkan melalui Bank BNI Cabang Tasikmalaya.

Bantuan diserahkan secara simbolis di Gedung Serba Guna Bale Kota Tasikmalaya Kamis (27/10) oleh dihadiri Walikota H. Budi Budiman dengan dihadiri Kepala Kantor BNI Cabang Tasikmalaya, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmingrasi, Para Pengurus PKH se-Kota Tasikmalaya serta masyarakat penerima bantuan sosial baik angggota KUBE dan RS-RLTH.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan, bantuan dana sosial untuk Kota Tasik sudah berjalan selama empat tahun dan di tahun ini jumlah penerimanya terus bertambah. ”Bansos ini Insyaallah akan terus ditambah untuk meningkatkan optimalisasi Program Pendidikan dan Kesehatan dan ini merupakan kewajiban pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat,” ungkapnya.

Budi berharap bantuan tersebut sesuai dan tepat sasaran serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Menurutnya, bantuan-bantuan sosial yang dikucurkan ke Kota Tasikmalaya untuk masyarakat yang kurang mampu jumlahnya cukup besar. ”Uang bantuan yang dikucurkan tidak kurang dari 39 miliar rupiah dalam  pertahunnya,” ucap Ia.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Bank BNI Cabang Tasikmalaya Dien Aryatantri mengungkapkan, BNI telah ditunjuk pemerintah sebagai mitra untuk melakukan penyaluran program bantuan sosial. “Sesuai dengan himbauan dari Presiden dan OJK, BNI menyadarkan masyarakat agar paham dengan teknologi juga bisa bertransaksi keuangan melalui Perbankan agar lebih teradministrasikan dengan baik,” ujarnya.

Dien menuturkan, program yang disalurkan melalui support BNI tidak dikenakan biaya dan penyalurannya melalui rekening penerima yang sebelumnya sudah dibuatkan oleh BNI. ”Bansos yang akan disalurkan atas support Bank BNI 46 terdiri dari beberapa program seperti PKH, Ranstra, RS- RTLH, E-Warung, Warung KUBE, KUBE Jasa dan KUBE Produksi. Semuanya akan disalurkan secara bertahap. Kita hanya pelaksana dari Kementerian sosial,” ujarnya.

Demi kelancaran dan kenyamanan penyaluran bantuan, terang Ia, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkot Tasikmalaya. ”Khususnya dengan Walikota dan mohon bantuan dari semua unsur Pemerintahan baik tingkat kelurahan, kecamatan, kepolisian serta para pendamping program agar prosesnya berjalan lancar dan kami yakin kalau semua bekerjasama kegiatan ini akan sukses,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts