Proses Pembuatan KTP Tiga Jam Beres

 3,409 total views

Hj. Wini | Foto : Seda
Hj. Wini | Foto : Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Guna memberikan pelayanan yang prima dalam pembuatan dokumen kependudukan baik Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya hanya memerlukan waktu tiga jam proses pembuatan untuk bisa langsung diterima oleh pemohon.

Saat ditemui di ruangannya, Jum’at (26/08), Kabid Kependudukan Hj. Wini mengatakan, sejak adanya himbauan dari Pemerintah bahwa mulai Bulan September mendatang tanda identitas selain KTP-L tidak akan berlaku lagi,p. “Himbauan tersebut, membuat masyarakat yang belum memiliki KTP-L ramai-ramai mengurusnya baik di kecamatan atau datang langsung ke Kantor Disdukcapil,” ungkapnya.

Dalam eberapa pekan ini, terang Ia, sedikitnya ada sekitar 400 pemohon dari berbagai pelosok mendatangi Disdukcapil per harinya yang meminta direkam dan cetak KTP-L. ”Proses pembuatannya saat ini sangat dipermudah, hanya membawa fotocopy KK langsung bisa diproses. Kita memberikan pelayanan yang prima dan cepat. Setelah dilakukan perekaman, hanya menunggu jeda waktu tiga jam, KTPnya bisa diterima oleh pemohon, dengan catatan jaringan internet stabil dan blankonya tersedia,” jelasnya.

Ditambahkan Ia, berdasarkan data yang ada di server Disdukcapil, ada sekitar 10 ribuan masyarakat Kabupaten yang akan di Print Ready Record (PRR), dan pihaknya pun akan terus berusaha agar perekaman sampai Bulan September mendatang bisa tercapai. ”Kita usahakan setiap pemohon yang melakukan permohonan dokumen kependudukan akan segera diproses dan dilayani secepatnya. Namun, kami juga berharap Pemerintah pusat bisa memperhatikan kebutuhan blangko KTP di daerah. Jangan sampai telat sehingga tidak menjadi kendala dalam proses pencetakan,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts