Proyek Pembangunan Sarana Air Bersih Siap Dilelang

 2,346 total views

Sofian ZM / Asron

Kota, Wartatasik.com – Program pembangunan sarana pengelolaan air bersih di Kota Tasikmalaya akan segera dilaksanakan. Kegiatan yang digarap oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman tersebut sekarang ini baru memasuki tahap persiapan pengumuman lelang. Pengumuman akan dilakukan dalam jangka waktu beberapa pekan kedepan.

Demikian dikatakan Kapala Bidang Permukiman Sofian ZM saat ditemui, Selasa (04/03). Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang ada, pembangunan sarana itu sebanyak enam titik yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan. Pihaknya berharap, jika sudah terlaksana nanti masyarakat bisa turut merawat atau memelihara serta memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

“Disamping itu, kami juga tengah mengevalusi 65 titik. Kaitannya, untuk pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Bersih yang telah kita wacanakan dari dulu. Nantinya, fungsi UPT sendiri untuk mengelola sarana yang sudah dibangun dan dikelola oleh komunitas-komunitas masyarakat,” terang Sofian.

Sementara, Kasi. Sanitasi dan Air Bersih Wenda Krisnawan menjelaskan, secara teknis pembangunan sarana pengelolaan air bersih tahun ini memakan biaya sekitar Rp. 600 juta per satu titik. itu, lanjut Ia, untuk pempipaan, penyaluran ke tiap rumah dan lain sebagainya. “Satu titik rata-rata untuk 40 rumah. Bagi masyarakat yang membutuhkan saran tersebut bisa mengajukan ke dinas dan kita akan survei langsung ke lapangan. Diharapkan, proses pelaksanaanya nanti berjalan lancar sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat,” tandas Wenda. Laporan: Indra/Asron

Related posts