PSDA Rutin Koordinasi Antisipasi Musim Kemarau

 667 total views,  2 views today

Saluran pengairan di Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya yang dipenuhi sampah. Dok
Saluran pengairan di Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya yang dipenuhi sampah. Dok

Kota, Wartatasik.com – Menjelang peralihan musim hujan ke musim kemarau, Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Bina Marga Kota Tasikmalaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Lingkungan Hidup juga Dinas Ciptakarya membangun kesehatan masyarakat. “Maksudnya, ketika nanti musim kemarau tiba secara otomotis bakal banyak saluran-saluran air yang tidak akan teraliri dan dipenuhi dengan limbah sampah rumah tangga,” kata Kabid. PSDA Heri Agus Hardiman kepada wartatasik.com, Selasa (7/4)

Ia mengatakan, koordinasi bertajuk Pembangunan Lingkungan Pemukiman (PLP) tersebut sebagai upaya menjalin koordinasi dimana masing-masing intansi terkait sama-sama berperan untuk bisa mensosialisasikan demi menjaga kesehatan saluran air (drainase). “Karena idealnya saluran air tidak dijadikan tempat pembuangan sampah rumah tangga melainkan sapetytank. Namun fakta yang ada dilapangan sekarang ini saluran air sudah menjadi tempat pembuangan sampah sehingga ketika musim kemarau tiba limbahnya akan mengendap tidak tergerus air yang akhirnya akan menimbulkan bau dan berbagai penyakit,” tambah Agus.

Menurutnya, urusan membangun kebersihan pemukiman bukan hanya sebagai tugas pemerintah saja melainkan juga warga masyarakat Kota Tasikmalaya. “Artinya, semua pihak harus menyadari tentang pentingnya memelihara saluran air dan tentunya dengan tidak membuang sampah terlebih menjelang peralihan musim, alangkah baik lagi menyediakan sapetytank. Ayo kita sama-sama menjaga kesehatan lingkungan,” ajaknya. Asron

 

 

Related posts

Leave a Comment