Ratusan Anggota Pramuka Ikuti Pembinaan Program KB

 3,785 total views

Para anggota pramuka saat mengikuti program KB / Seda
Para anggota pramuka saat mengikuti program KB / Seda

Kabupaten, Wartatasik.com – Ratusan anggota Pramuka Satuan Karya Gerakan Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) Kwartir cabang Kabupaten Tasikmalaya dan Tim Penggerak Desa (TPD), Rabu (01/03), mengikuti pembinaan tentang program Keluarga Berencana (KB) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kab. Tasikmalaya di Hotel Padjadjaran Tasikmalaya.

Saat membuka kegiatan, Kepala DPMDPAKB Wawan R. Efendy mengatakan, pramuka yang tergabung dalam anggota saka kencana kwartir cabang Kab. Tasikmalaya diharapkan sebagai bagian dari program KB, terutama berkaitan dengan penyampaian informasi ke masyarakat. ”Anggota saka kencana bagian dari pemerintah daerah, untuk bisa membantu dalam mensukseskan program KB agar target pencapaian akseptor tercapai,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kasi, Bina Jaminan Pelayanan KB, Bina Remaja dan Hak-hak Reproduksi Dodi A. Sudrajat M.S.i mengungkapkan, anggota pramuka saka kencana yang memiliki semangat tinggi dan jiwa yang kuat menjadi potensi untuk menyampaikan pemahaman program-program KB kepada masyarakat. ”Pramuka bisa berkontribusi dalam meningkatkan pencapaian program pelayanan KB termasuk pembinaan para remaja,” jelasnya.

Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan oleh para anggota pramuka dalam membantu program KB di Kab. Tasikmalaya. “Kita yakin dengan kekuatan anggota pramuka yang sudah menyebar di tingkat Gudep, ini menjadi potensi luar biasa untuk mendongkrak pencapaian program KB di,” terangnya. Pembinaan tersebut, diharapkannya dapat membuka wawasan dan pemahaman anggota pramuka dalam memberikan komunikasi informasi dan edukatif (KIE) kepada stakeholder yang terlibat, tokoh masyarakat, tokoh agama tentang pentingnya program KB dalam meningkatkan TFR.

Laporan: Seda

Related posts