Ratusan Murid Diniyah Ikuti Kegiatan Porsadin

 1,939 total views,  2 views today

Pembukaan Porsadin di Halaman Bale Kota Tasikmalaya / Seda
Pembukaan Porsadin di Halaman Bale Kota Tasikmalaya / Seda

Kota, Wartatasik.com – Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Ke -7 Tahun 2016 tingkat Kota Tasikmalaya, Sabtu (26/11) resmi dibuka oleh Plt. Walikota Abbas Basyari, di Halaman Bale Kota Tasikmalaya. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari sampai Hari Minggu 27 November 2016. Meski diguyur hujan deras tapi tidak menyurutkan semangat para peserta yang terdiri dari ratusan anak Diniyah se-Kota Tasikmalaya. Acara pembukaan dihadir Sekda Kota Tasikmalaya H.I.S. Hidayat, Perwakilan Kemenag Kota Tasikmalaya, para Camat dan unsur pendidik tingkat Diniyah.

Dalam kesempatan itu, Plt. Walikota mengatakan, Porsadin bisa melahirkan generasi bangsa yang sehat, baik, berakhlak mulia dan memiliki kemampuan dibidang keagamaan. “Kita harapkan kegiatan ini mampu mencetak insan-insan yang berprestasi, baik dibidang ilmu agama juga olahraga dan seni, sehingga mengharumkan nama baik daerah di tingkat Provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Ia berpesan, peserta yang mengikuti lomba dan pertandingan tetap semangat dan disiplin yang tinggi serta selalu menjunjung tinggi sportivitas dan rasa kebersamaan. Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Tasikmalaya Ahmad Sapei menegaskan, Porsadin bukan hanya untuk memperebutkan kejuaraan, namun menjadi ajang silaturahmi khususnya bagi keluarga besar santri Madrasah Diniyah se-Kota Tasikmalaya.

Pihaknya mengharapkan, melalui kegiatan tersebut dapat menjaring bibit-bibit unggul dari Diniyah Takmiliyah yang akan menjadi perwakilan dari Kota Tasik untuk mengikuti lomba Porsadin di tingkat Provinsi dan nasional. ”Mudah – mudahan kegiatan ini menjadikan semangat bagi para santri Madrasah Diniyah untuk meningkatkan kemampuan, baik dibidang keagamaan maupun bidang umum juga Olahraga dan Seni,” ujar Ia.

Dijelaskannya, di Kota Tasikmalaya jumlah Lembaga Diniyah yang tergabung dalam FKDT sebanyak 832 lembaga, 5257 tenaga guru serta kurang lebih 45 ribu siswa yang belajar di lembaga Diniyah. ”Ada beberapa lomba yang kita laksanakan dalam Porsadin kali ini diantaranya Qosida Rabana, Hymne Dan Mars DTA, Puisi Islam, Murottal Wal Imla, Tahfidz Juz’Amma, Kaligrafi, Futsal, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Lomba Cerdas Cermat, serta Atletik cabang lari,” pungkasnya.

Laporan: Seda

Related posts