Reklame Ucapan Ramadhan Banyak yang Tak Tempuh Izin?

 3,643 total views

Beberapa reklame berkonten ucapan Ramadhan yang disinyalir tak berizin. | Foto : Seda
Beberapa reklame berkonten ucapan Ramadhan yang disinyalir tak berizin. | Foto : Seda

Kota, Wartatasik.com – Maraknya pemasangan reklame di sejumlah titik pusat kota dengan berbagai konten termasuk ucapan-ucapan “Selamat menunaikan Ibadah puasa 1437 H, Marhaban Yaa Ramadhan” yang disinyalir tak berizin, Dinas Ciptakarya, Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya melalui Bidang Pertamanan dan Pemakaman intens melakukan penertiban.

Tak hanya itu, upaya bidang tersebut juga ditunjang dengan penyebaran surat edaran tertang pelaksanaan perizinan reklame guna memberitahukan kepada banyak pihak terkait dengan syarat, ketentuan dan penyelenggaraan reklame sesuai yang tertuang di dalam Peraturan Walikota Tasikmalaya No. 36 Tahun 2015.

Demikian dikatakan Kabid. Pertamanan Dra. Hj. Heni saat ditemui Crew Wartatasik.com di ruang kerjanya, Kamis (09/06) tadi siang. Diakuinya bahwa sejak awal menginjak bulan puasa ini telah menjamur reklame-reklame yang tidak menempuh perizinan. “Tentunya kami tertibkan. Tapi khusus di bulan puasa ini kami hanya menertibkan reklame yang berada di kawasan larangan atau mengganggu estetika saja,” paparnya.

Ia menambahkan, berdasarkan Perwalkot tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 4 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Reklame pada Tanggal 28 Oktober 2015 yang di dalamnya memuat beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi.

“Ketentuannya antara lain, pada Pasal 8 yaitu setiap Penyelenggara Reklame wajib memiliki izin dan memelihara atau memeriksa secara berkala Reklame untuk memastikan keamanan, kelaikan fungsi dan/atau berfungsinya Reklame sesuai izin yang diberikan. Membongkar dan/atau menertibkan Reklame yang jangka waktu izinnya seudah berakhir dan tidak diperpanjang,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Ia, pihaknya terus menggenjot tata estetika Kota Tasikmalaya di sektor reklame dengan menyidaknya langsung ke kelapangan dalam setiap harinya. “Jika ada yang melanggar pasti kami tertibkan dengan tidak pandang bulu,” ujar Ia.

Begitu juga ditegaskan Kasie. Reklame Hj. Eva Novita Mulyantina bahwa pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada banyak pihak yang memasang reklame-reklame tanpa menempuh izin tersebut baik dari kalangan pengusaha, tokoh, pejabat maupun yang berkepentingan di dalamnya agar segera menurunkan atau membongkarnya. “Jika sampai dalam kurun waktu yang telah ditentukan masih juga belum mencopotnya, tentu akan secepatnya kami tertibkan,” tandasnya. Asron/Seda

Related posts

Leave a Comment