Rencana Optimalisasi Sistem Pengelolaan Air Bersih

 412 total views,  2 views today

Rencana Optimalisasi Sistem Pengelolaan Air Bersih

Ket Foto : Kasie Penyehatan Lingkungan, Bidang Pemukiman dan Perumahan Dinas Ciptakarya Kota Tasikmalaya, Komar

Kota, Wartasik.com – Kasie Penyehatan Lingkungan, Bidang Pemukiman dan Perumahan Dinas Ciptakarya Kota Tasikmalaya, Komar mengatakan pihaknya sudah melakukan penyurveian beberapa titik sumber mata air bersih di Kota Tasikmalaya. “Hal itu untuk rencana pembangunan optimalisasi penampungan air bersih dengan sistem perpipaan,” katanya diruang kerjanya, Rabu (25/02).

Untuk tahun ini, kata Ia, ada sekitar delapan titik yang akan dibangun sistem pengelolaan air minum tersebut dan saat ini baru membuat masterplan pembangunan di satu titik yang dianggap rawan air bersih dan akan diupayakan pembangunannya. Kec.  Mangkubumi dan Tamansari disebutnya sebagai daerah rawan air bersih dan termasuk dalam daftar daerah yang akan dibangunkan sumur penampungan.

“Untuk sementara ini kami belum bisa berbicara lebih jauh karena prosesnya masih tahap pencarian dan penentuan daerah yang memiliki titik-titik rawan air bersih. Kalau satu titik mata air nya memungkinkan, debit airnya mencukupi untuk mensuplai ke masyarakat baru nanti akan dibangun,” katanya. Ia menjelaskan, penampungan air dibangun berbentuk bak yang di cor dan dipasang jaringan dengan menggunakan pipa. Komar berharap tugas penyurveiannya berjalan lancer sehingga rencana pembangunan optimalisasi sistem pengelolaan air minum dapat terwujud. Asron

Related posts

Leave a Comment