Restoran Taat Pajak Akan Direward

 2,677 total views

Amran Saefullah
Amran Saefullah

Kota, Wartatasik.com – Kasie. Pengendalian dan Pembinaan PDL Dinas Pendapatan Kota Tasikmalaya Amran Saefullah menegaskan, akan memberikan reward berupa piagam penghargaan bagi restoran yang taat terhadap pembayaran pajak konsumen. Selain bentuk apresiasi, katanya, pemberian piagam tersebut juga sebagai penghargaan untuk lebih mendorong atau memotivasi seluruh restoran yang ada di kota santri ini agar sadar terhadap kewajibannya.

“Tapi, mungkin itu baru bisa dilakukan mulai tahun depan karena prosesnya baru tahap pengajuan. Jika dilihat dari kondisinya, sampai sekarang banyak restoran yang sudah taat. Tapi ada juga yang tidak atau bahkan merasa tidak tahu. Makanya, hal itu merupakan tugas kami untuk mensosialisasikan sekaligus membina mereka (Pemilik restoran) agar melakukan kewajibannya,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (09/07) tadi sore.

Amran menerangkan, pajak yang dimaksud yaitu pajak dari hasil pembelian konsumen yang besarnya 10 persen. Perlu dijelaskan juga, sambung Ia, bahwa fungsi restoran hanya sebagai pihak penerima titipan atau kepanjangan tangan dari pemerintah bukan berarti selaku pembayar pajaknya. “Artinya, setiap konsumen yang membeli makanan atau minuman maupun yang lain di restoran yang bersangkutan sudah berikut dengan pajak 10 persen. Jadi, pihak restoran tinggal mengumpulkan dan menyetornya kepada kami,” ungkapnya.

Hal itu, dikatakannya karena selama ini masih banyak masyarakat atau pihak restoran yang belum memahami proses pembayaran pajak tersebut. “Banyak yang berpendapat bahwa restoran lah yang membayar pajak, padahal itu hanya titipan dari konsumen yang harus disetor kepada pemerintah. Dengan upaya-upaya ini kami harap proses perpajakan kedepanya dapat lebih tertib lagi dan kesadaran terhadap pentingnya membayar pajak makin meningkat,” tandas Ia. Indra

Related posts

Leave a Comment