Sambut Baik Bimtek, Camat Cisayong Sarankan Kades Naikan Biaya Operasional

 948 total views,  4 views today

H. Maman Suherman / EQi
H. Maman Suherman / EQi

Kabupaten, Wartatasik.com – Camat Cisayong Kabupaten Tasikmalaya H. Maman Suherman sangat menanggapi positif dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa yang digelar di Hotel City, Selasa (07/03), kemarin. Ia mengharapkan, dari hasil kegiatan tersebut melahirkan kebersamaan dan sinergitas antar kepala desa, sekretaris dan bendahara desa.

“Kalau berbicara mengenai pembangunan merupakan hal yang biasa. Bahkan, jika hitung-hitungan dana yang ada dari pemerintah lebih banyak swadayanya. Yang menjadi permasalahan di daerah yaitu biaya operasional terkadang lebih besar dari pemasukan, dari mana,” katanya. Untuk menanggulanginya, lanjut Maman, yakni dengan adanya kebersamaan antara kepala desa, sekretaris desa dan bendahara sehingga bisa repeh rapih.

Adapun masalah-masalah yang dihadapi selama ini khususnya di wilayah Kecamatan Cisayong adalah soal administrasi. “Misal harga yang ditentukan Rp. 200 ribu, kenyataan dilapangan melebihi. Disamping itu, masalah biaya operasional yang tinggi,” ujarnya.

Dengan demikian, dirinya menyarankan kepada para kepala desa untuk menaikkan biaya operasional serta ada pembina secara khusus dalam bidang administrasi desa. “Kalau bisa administrasinya disimpelkan dan jangan sering berubah-rubah aturan. Karena, kemaslahatan ummat jika kearifan-kearifan pemerintah direalisasikan,” tandas Ia.

Laporan: EQi

Related posts