Sampai Plang Berkarat, Pembangunan Asrama Haji Belum Juga Tampak

 3,577 total views

Di lahan seluas 5900 m2 ini rencana Wisma atau Asrama Haji akan dibangun. Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda kegiatan pembangunan dan hanya nampak perkebunan dengan plang pemberitahuan yang sudah berkarat.
Di lahan seluas 5900 m2 ini rencana Wisma atau Asrama Haji akan dibangun. Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda kegiatan pembangunan dan hanya nampak perkebunan dengan plang pemberitahuan yang sudah berkarat.

Kota, wartatasik.com – Rencana Pembangunan Asrama Haji di Jl. Mashudi Kel. Kersanagara Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya, terabaikan. Entah alasan kesibukan apa atau memang terlalu berkonsentrasi terhadap kegiatan agenda program infrastruktur yang lainnya sehingga Pemkot Tasikmalaya seolah melupakan pendirian Wisma Haji yang ditunggu-tunggu masyarakat  selama ini.

Perencanaan Pembangunan tersebut menyusul telah ditanda-tanganinya surat keputusan bersama (SKB) pada awal Tahun 2012 lalu oleh Bupati Tasikmalaya H. Uu Ruzhanul Ulum dan Walikota Tasikmalaya yang pada saat itu masih dijabat H. Syarif Hidayat bersama Sekda Kabupaten dan Kota Tasikmalaya tentang Penertiban Tanah dan Pembentukan Tim Penertiban Tanah Asrama Haji Tasikmalaya.

Berdasarkan pantauan Crew wartatasik.com, dilahan yang berada tidak jauh dari kantor kelurahan itu sampai sekarang belum ada tanda-tanda kegiatan pembangunan dan hanya nampak perkebunan dengan plang pemberitahuan yang sudah berkarat.. “Sejauh ini belum ada kabar kapan akan dimulainya pembangunan kompleks asrama haji ini,” tutur salah seorang warga sekitar, Jumat (08/05) tadi siang.

Sementara, menurut Kepala Kementrian Agama Kota Tasikmalaya H. Ahmad Patoni mengungkapkan pembangunan wisma atau asrama haji tidak lama lagi akan segera dibangun karena selain telah tersedianya tempat atau lahan juga sudah dibentuknya yayasan yang akan mengelola pembangunan asrama tersebut. “Prosesnya sudah masuk ke notaries karena pembangunan serta pengelolaannya nanti harus di bawah yayasan,” terang Ia melalui telepon selulernya.

Ia menjelaskan, setelah ada wisma haji pemberangkatan semua calon jamaah haji Kabupaten dan Kota Tasikmalaya yang saat ini dipusatkan di Gedung Dakwah nantinya akan terfokus hanya di satu titik. Selain untuk pemberangkatan, katanya, berfungsi sebagai fasilitas kegiatan haji yang lainnya seperti kegiatan manasik dan sebagainya.

“Pihak kami bertugas menertibkan aset-aset asrama haji yang berserakan di masyarakat dan sekarang sudah beres menjadi asset umat serta digunakan untuk kepentingan umat yakni pembangunan asrama haji,” Imbuhnya seraya mengatakan asrama tersebut akan dibangun diatas tanah seluas sekitar 5900m2 dan bisa menampung lebih dari 3.000 calon jemaah haji dari Kabupaten maupun Kota Tasikmalaya. Asron/Indra

 

Related posts

Leave a Comment