Satpol PP: Meski Demi Urusan Perut, PKL Wajib Taati Aturan

 2,479 total views

PKL di depan RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya | Seda
PKL di depan RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya | Seda

Kota, Wartatasik.com – Keberadaan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sering mangkal dilokasi keramaian dianggap mengganggu ketertiban umum serta merugikan pihak lain. Dalam hal ini, Satpol PP sebagai penegak Perda tidak tinggal diam dan akan selalu melakukan penertiban terhadap pelanggaran tersebut.

Demikian ditegaskan Kasi Operasi dan Penindakan Satpol PP Kota Tasikmalaya Andri Ikbal Maulana, saat ditemui di kantornya, Selasa (27/9). Ia mengungkapkan, pihaknya tidak akan membiarkan para PKL yang menganggu kepentingan umum karena telah menimbulkan ketidaknyamanan serta keluhan dari masyarakat.

”Misalnya, para yang berada di Jl. Rumah Sakit atau depan RSUD dr. Soekardjo. Sebetulnya dilokasi tersebut sering kali dilakukan penertiban, namun tetap saja para pedagang selalu tidak menghiraukan upaya petugas. Selama ini selalu terjadi kucing-kucingan. Kalau petugas datang, PKL nampak mematuhi aturan dan tidak berjualan. Tapi, ketika petugas sudah pergi, mereka kembali dagang. Kalau terus seperti ini, mau sampai kapan bisa tertib?,” tanya Ikbal.

Ia menambahkan, pada dasarnya pemerintah tidak melarang para pedagang berusaha untuk mencari rezeki, namun dalam aktivitasnya tetap wajib mematuhi aturan. ”Kita memahami dan memaklumi alasan mereka (PKL) berjualan di trotoar meski mengganggu kepentingan umum demi urusan perut, tapi kita ini tinggal di negara hukum, yang memiliki norma-norma dan aturan. Jadi. Harus patuh dan mentaatinya,” ucap Ia.

Ikbal menerangkan, ada sembilan lokasi atau tempat PKL yang menjadi perhatian agar aktivitasnya tetap berjalan namun tidak dikeluhkan masyarakat. ”Pemerintah senantiasa menjaga dan mengharapkan aktivitas usaha PKL merasa tenang, pejalan kaki merasa aman serta pengguna kendaraan yang melintasi jalan merasa nyaman dan lancar. Kalau sudah seperti itu, semuanya bisa kondusif,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts