SDN Galunggung Terima SK Penyelenggara Peserta Didik CI

 2,829 total views

Penyerahan SK penyelenggaran peserta didik cerdas istimewa di SDN Galunggung Kota Tasikmalaya | Kabid. Dikdas Disdik Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi.
Penyerahan SK penyelenggara peserta didik cerdas istimewa di SDN Galunggung Kota Tasikmalaya | Kabid. Dikdas Disdik Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi.

Kota, Wartatasik.com – SDN Galunggung Kota Tasikmalaya menerima Surat Keputusan (SK) penyelenggara peserta didik cerdas istimewa (CI) dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kamis (03/09). SK diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar Asep Hilman di Kampus SD yang beralamat di Jl. Galunggung Kota Tasikmalaya tersebut.

Ditemui usai acara penyerahan SK, Kabid. Dikdas Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi menerangkan SDN Galunggung merupakan satu dari 12 sekolah dasar di Jawa Barat yang berhasil menerima SK tersebut karena dianggap layak dan lolos dari verifikasi penyelenggaraan peserta didik cerdas istimewa.

“Kita berani mengadakan kegiatan ini karena Kota Tasikmalaya memiliki potensi untuk memunculkan anak-anak berbakat istimewa. Semuanya ada 61 sekolah se-Jabar termasuk SMP dan SMA. Kami berharap, semua anak didik yang punya kemampuan istimewa bisa lebih baik lagi karena tidak setiap orang bisa masuk ke kelas pendidikan tersebut dan harus melalui Psikotes dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),” ungkapknya.

Sementara, Kadis Pendidikan Prov. Jabar Asep Hilman menegaskan, ukuran kelayakan sekolah dinilai secara relatif dan dikembalikan kepada niat dengan asumsi anak didik yang memiliki bakat istimewa merupakan potensi yang terpendam sehingga harus menggalinya. “Karena mungkin keberadaannya ada di pelosok-pelosok, jadi jika tidak diberikan ruang atau sarana lembaga pendidikan untuk menampungnya tentu potensi itu akan terabaikan,” paparnya.

Pihaknya mengharapkan, dengan program yang sudah berjalan selama dua tahun tersebut bisa memfasilitasi potensi-potensi tersembunyi dengan pelayanan yang tersedia. “Ini merupakan kebanggaan sekaligus tantangan bagi masyarakat Kota Tasikmalaya mengingat belum banyaknya sekolah yang menyelenggarakan program ini di tingkat Jabar. Selain itu, seiring dinamika masyarakat disini luar biasa maka potensi=potensi yang ada harus dioptimalkan,” tandasnya. Indra/Asron

 

 

Related posts

Leave a Comment