Secara Berkala, Dinkes Lakukan Pemeriksaan Jajanan di Sekolah

 1,622 total views

dr. Sarwono, M.Kes / Seda
dr. Sarwono, M.Kes / Seda

Kota, Wartatasik.com – Untuk menjaga dan menciptakan jajanan di sekolah agar sehat dikonsumsi anak-anak sekolah, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya secara berkala melakukan pemeriksaan jajanan yang ada di lingkungan sekolah. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. Sarwono, M.Kes saat ditemui, Rabu (26/04), usai melakukan pemeriksaan jajanan di sekolah SD Sindangpalay II Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya mengatakan, pemeriksaan makanan jajanan sekolah untuk menjaga dan menghindari jajanan yang berbahaya atau berisiko bagi kesehatan.

”Makanan atau jajanan yang dijual memang perlu diperiksa, agar dapat diketahui apakah jenis jajanan tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi oleh masyarakat khususnya anak sekolah,” ungkapnya. Ia menambahkan, kegiatan pemeriksaan makanan dan jajanan akan dilakukan secara bertahap.

”Anak-anak sekolah biasanya hobi jajan. Agar jajanan yang dikonsumsi tidak berisiko bagi kesehatan, maka makanan atau jajanan itu harus sehat dan bersih serta tidak mengandung bahan-bahan yang merusak kesehatan,” jelas Sarwono. Pihaknya mentargetkan seluruh sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya untuk dilakukan pemeriksaan dan dalam pemeriksaan tersebut ada beberapa bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

”Jajanan yang harus dihindari karena berisiko bagi kesehatan mengadung bahan pengawet seperti boraks, formalin serta rodamine (zat pewarna yang berbahaya), kami harap pihak sekolah dapat melakukan pembinaan terhadap kantin sehat agar makanan atau jajanan yang dijual bebas dari bahan berisiko, bersih, fresh serta layak untuk dikonsumsi,” tandasnya.

Laporan: Seda

Related posts