Sedikitnya 30 Anggota PKS Diperbantukan Kepolisian

 2,498 total views

Para anggota PKS tengah mengikuti Apel sebelum dimulainya aktifitas. | Seda

Kota,Wartatasik.com – Sejumlah Anak-anak sekolah tingkat SLTP dan SLTA berpakaian seragam putih-putih, sering disebut Patroli Keamanan Sekolah (PKS), mereka menjadi pengamanan dilingkungan sekolah, namun begitu turun kejalan, layaknya bertugas sebagai Polisi lalu lintas yang mengatur arus kendaraan agar lancar. Pada Bulan Ramadhan tahun ini, setidaknya ada 30 anggota PKS dari masing-masing sekolah.

Hal tersebut dikatakan, Pembina PKS Batalyon, Heri Hermawan Sabtu (03/06). Lebih lanjut Ia memaparkan, para anggota PKS tersebut akan bertugas ikut membantu kepolisian sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, “Mereka diajarkan sesuai dengan Undang-undang, jadi seluruh anggot PKS turut menjadi mitra Kepolisian khususnya di bulan Ramadhan ini,” katanya.

Ditambahkannya, di bulan Puasa ini , setiap sore sudah diprediksi, banyak ruas jalan yang mengalami kemacetan karena aktivitas ngabuburit warga, ”Banyak titik-titik keramaian Kota pasti macet, disanalah para anggota PKS ini akan ditempatkan guna membantu mengantisipasi titik-titik kemacetan. Dan mulai diturunkan usai sholat Ashar sampai menjelang buka puasa,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang anggota PKS Fikri Romdon, dari PKS SMK 4 Depok Sukamenak mengatakan, bangga dapat menjadi anggota PKS karena bisa membantu masyarakat dan kepolisian dalam mengatur arus lalu lintas, ”Bisa turun kejalan yang begitu padat kendaraan membantu bapak polisi mengatur lalu lintas, ini merupakan pengalaman saya yang sangat berharga,” ujarnya.

Dengan pengalaman ini, Fikri menyadarinya, bahwa PKS itu ternyata keberadaannya sangat penting di masing-masing sekolah, “PKS penting didirikan disetiap sekolah, supaya para siswa paham dan mengetahui tertib berlalulintas di jalan raya, dan Kami pun menghimbau dan mengajak rekan-rekan sekolahnya untuk sadar dan tertib dalam berlalu lintas, demi keselamatan bersama,” harapnya.

Laporan: Seda

Related posts