Foto: Istimewa /Net
Foto: Istimewa /Net

Nasional, Wartatasik.com – ┬áSeekor paus terdampar di Pantai Jati, Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Saat ditemukan mamalia raksasa tersebut dalam keadaan mati. Koordinator Pos SAR Mentawai Hendri S dalam perbincangan, Senin (2/1/2017), mengatakan paus tersebut ditemukan warga sekitar pukul 07.30 WIB. “Warga setempat yang pertama kali melihat ada paus terdampar. Setelah tim kita datang ke lokasi, kondisi hewan tersebut sudah dalam keadaan mati,” kata Hendri.

Hendri menyebutkan, terdamparnya paus ini menjadi tontonan warga sekitar. Melihat kondisi paus sudah mati dan mulai timbul bau tak sedap, warga sekitar berusaha menarik paus dari pantai ke tengah laut. “Dengan tiga kapal nelayan, paus dicoba untuk ditarik. Namun upaya itu tidak berhasil,” kata Hendri.

Karena itu, lanjut Hendri, warga sekitar pantai bersepakat agar bangkai paus ini ditanam di tepi pantai. Bobot paus tersebut diperkirakan lebih dari 2 ton. “Karena ditarik pakai kapal nelayan tidak bisa, ya akhirnya sepakat untuk ditanam di pantai saja. Saat ini kita lagi menunggu alat berat untuk menggali lubang dan menyeret pausnya,” kata Hendri.

Sumber: detik

BAGIKAN