Sejumlah Perwakilan Mancanegara Sambut Positif TIEC

 3,203 total views

Kegiatan TIEC di Hotel Santika Tasikmalaya | Seda
Kegiatan TIEC di Hotel Santika Tasikmalaya | Seda

Kota, Wartatasik.com – Jum’at (7/10), digelar kegiatan Tasik Investment Expo & Conference (TIEC) 2016 di Aula Pertemuan Hotel Santika Jl. Yudanegara Kota Tasikmalaya. Acara dibuka Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dengan dihadiri beberapa tamu mancanegara diantaranya Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Jerman, Belgia, Italia, Afrika Selatan dan Palestina. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Deputi Bidang Pengembangan Penanaman Modal BKPM Pusat Farah Ratnadewi Indriyani, Ketua Kadin Se-Priangan Timur serta para pengusaha-pengusaha industri kreatif.

Saat membuka acara, Walikota menyampaikan bahwa TIEC sebagai terobosan Pemkot Tasikmalaya untuk memfasilitasi pengusaha dari beberapa negara untuk datang dan berkunjung ke Kota Santri. ”Kegiatan ini bisa memajukan dan memperkenalkan industri-industri kreatif Kota Tasikmalaya kepada tamu dari negara yang datang. Dengan mengetahuinya mereka terhadap usaha-usaha kreatif yang kita miliki, siapa tahu berminat dan membeli sehingga akan menjadi pangsa pasar industri kreatif di negara Asean dan Eropa,” terang Walikota.

Jpeg

Budi menambahkan, kedatangan para perwakilan dari masing-masing negara tersebut, selain untuk mempromosikan pengembangan industri kreatif juga berharap adanya kerjasama yang saling melengkapi dalam bidang teknologi atau infrastruktur. ”Kota Tasik yang terus melakukan pengembangan, baik di sektor kepariwisataan dan teknologi infrastruktur sharing dengan mereka. Mungkin di negaranya memiliki sistem teknologi yang bagus,” tuturnya.

Pihaknya mengharapkan, kegiatan TIEC sebagai langkah awal untuk dapat membuka kerjasama dengan berbagai negara, khususnya dibidang industri kreatif ataupun kuliner khas Tasikmalaya. ”Mudah-mudahan ini dapat memberikan dampak positif bagi industri kreatif yang kita miliki mampu dikenal dan dipasarkan ke luar negeri, sehingga akan menumbuhkan perekonomian masyarakat daerah ini,” harapnya.

Berdasarkan pantauan Wartatasik.com, sejumlah perwakilan negara yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat menyambut  baik dengan diselenggarakannya TIEC, bahkan sudah siap untuk menjalin kerjasama di Bidang Pendidikan, Usaha Kreatif serta Investasi Bidang Kepariwisataan. Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat Farah Ratnasari Indriani menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan Pemkot Tasikmalaya itu.

”Ini kegiatan yang sangat bagus bagi daerah, khususnya Kota Tasikmalaya untuk mengembangkan potensi daerah dalam hal investasi dan juga menjadi terobosan baik karena langsung bertemu dengan para investor,” ungkapnya. Ia mengaku snagat mengapresiasi pihak Pemkot yang sudah bisa mendatangkan pengusaha-pengusaha dari berbagai negara, untuk berkunjung ke daerah Tasikmalaya guna mempromosikan usaha kreatif atau kuliner berkolaborasi dengan negara-negara lain di dunia.

Jpeg

Laporan: Seda

Related posts