Sekda: Apel Kesadaran Nasional Tumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air

 2,598 total views

Foto : Dok. Humas Setda Kab. Tasikmalaya
Foto : Dok. Humas Setda Kab. Tasikmalaya

Kabupaten, Wartatasik.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya H. Abdul Kodir mengungkapkan upacara pengibaran bendera kebangsaan Merah Putih yang rutin dilaksanakan setiap Tanggal 17 merupakan ikhtiar untuk memupuk rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan menjungjung tinggi simbol-simbol negara. Maka dari itu, kegiatan tersebut sering dinamakan Apel Kesadaran Nasional dan juga dalam upacara itu dapat dilihat, didengar, diucap serta dirasakan secara nyata simbol-simbol negara. Selain itu, dapat melihat Bendera Merah Putih berkibar, mendengar pembacaan naskah UUD 1945 maupun Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan pembacaan Teks Pancasila.

Demikian tegasnya dalam menyampaikan sambutan saat menjadi Pembina Upacara Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis 17 Maret 2016. “Semua ini diharapkan akan semakin mempertebal rasa nasionalisme dan memperkuat cinta tanah air yang telah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa ini,” ujarnya.

Selaku Pelaksana Tugas Sehari-hari Bupati Tasikmalaya, dirinya mengaku tidak dapat memungkiri bahwa rasa nasionalisme dan cinta tanah air di masyarakat cenderung luntur akibat menguatnya pengaruh global, simbol-simbol negara semakin kurang mendapat apresiasi atau bahkan diabaikan. “Itulah sebabnya pada kesempatan ini Saya mengajak seluruh aparatur pemerintahan baik sipil, TNI maupun POLRI untuk menjadi inspirasi bagi masyarakat luas dalam menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” ajak Sekda.

Dituturkannya, salah satu wujud konkrit dalam menginspirasi masyarakat tersebut yakni melalui kegiatan upacara pengibaran Bendera Kebangsaan Merah Putih. Ia pun menghimbau kepada seluruh peserta upacara agar tidak menganggap kegiatan itu hanya sebagai rutinitas tanpa makna dan tujuan, atau sekedar menggugurkan kewajiban , melainkan harus diikuti dengan penuh kesadaran, khidmat, disiplin dan sakral.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh aparatur baik sipil, TNI maupun POLRI serta masyarakat yang telah memberi dukungan positif bagi terselenggaranya pemerintahan, yaitu memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan pembangunan daerah. Dukungan positif dari seluruh komponen masyarakat terutama aparat itu sangat berpengaruh terhadap upaya kita dalam mengelola pemerintahan, terlaksananya pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan, meskipun masih ada kekurangan, namun secara faktual kita juga patut berbangga karena telah banyak melakukan pencapaian, salah satu pencapaian yang membanggakan adalah suasana yang tetap kondusif diseluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya. EQi/Humas Kab.Tasikamalaya

Related posts

Leave a Comment