Foto diambil dari gerutkab.go.id
Foto diambil dari garutkab.go.id

Garut, Wartatasik.com – Dinas Pendidikan, Kabupaten Garut, mencatat ada 5.209 kelas untuk kegiatan belajar mengajar Sekolah Dasar dalam kondisi rusak berat dan sedang tersebar di seluruh kecamatan di Garut. “Kelas SD yang ada sebanyak 9.489 kelas, kurang dari setengahnya dalam kondisi baik,” kata Kepala Seksi Sarana Paud/Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Rom Suparman kepada wartawan, Rabu (27/7/2016).

Ia mengatakan jumlah ruang kelas SD di Garut kategori rusak berat sebanyak 1.826 kelas dan rusak sedang 3.383 kelas. Data tersebut, lanjut dia, bersifat sementara, karena jajarannya masih melakukan pendataan sekolah yang rusak maupun kekurangan kelas. “Saya masih melakukan pendataan untuk sekolah yang kekurangan ruang kelas, datanya masih kami himpun,” katanya.

Rom menyampaikan upaya perbaikan kelas belajar itu terus dilakukan setiap tahun dengan sumber dana dari pemerintah pusat maupun daerah. Namun anggaran yang tersedia, kata dia, tidak dapat memperbaiki seluruh ruang kelas belajar dalam satu anggaran, sehingga perlu dilakukan secara bertahap. “Kita prioritaskan bagi sekolah yang ruang kelasnya sudah ambruk atau dalam kondisi darurat,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Garut, tambahnya,  masih menunggu kucuran dana bantuan perbaikan sekolah dari pemerintah pusat tahun 2016. Jika anggaran tersebut cair, kata dia, dananya dapat dialokasikan rata-rata hanya untuk dua ruang kelas setiap kecamatan. “Setiap kecamatan rata-rata hanya mendapat jatah dua ruang kelas untuk perbaikan kelas yang rusak berat,” katanya. Sumber: garutkab.go.id

 

Facebook Comments