Selain Stok Aman, Harga Bahan Pokok di Kota Tasik Menurun

 4,030 total views

Rahmat Mahmuda / Indra

Kota, Wartatasik.com – Harga-harga bahan pokok khususnya di Kota Tasikmalaya pasca lebaran saat ini cukup mengembirakan. Pasalnya, berdasarkan hasil monitoring harga yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan baru-baru ini mengalami penurunan. Dari data yang diperoleh, pertanggal 3 Juli kemarin banyak harga bahan pokok turun dari sebelumnya.

Misal, harga komoditi Cabai Merah TW dari Rp 25.000/Kg menjadi Rp 20.000/Kg. Cabai Merah Lokal dari Rp 48.000/Kg jadi Rp 25.000/Kg, sedangkan Cabai Merah Kriting dari Rp 25.000/Kg jadi Rp 20.000/Kg. Selain itu, harga Cabai Rawit Japlak Hijau dari Rp 28.000/Kg menjadi Rp 25.000/Kg, Cabai Rawit Domba dari Rp 40.000/Kg jadi Rp 35.000/Kg.

Begitupun dengan harga komoditi yang lainnya seperti kentang, bawang putih, daging ayam, daging sapi, ikan juga mengalami penurunan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmat Mahmuda mengatakan, survei lapangan selalu rutin dilakukannya minimal satu bulan sekali. “Jadi, kita berkerjasama dengan PD. Pasar Resik untuk meng-update data harga. bahkan kami selalu menerima laporan tiap hari sehingga mengetahui kondisi persis di lapangan,” terang Ia, Selasa (04/03).

Berkaitan dengan itu, pihaknya mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa berpengaruh negatif terhadap kestabilan harga maupun ketersediaan pangan seperti menimbun bahan-bahan pokok dan juga lain sebagainya. “Termasuk juga masalah stok pangan. Insyaallah untuk Kota Tasik dari sekarang ini kedepan masih tergolong aman. Jadi, kita harap dukungan masyarakat terhadap upaya yang selalu kita lakukan,” tandas Rahmat. Laporan: Asron/Indra

Data hasil monitoring harga pangan sampai tanggal 3 Juli 2017

Related posts