Seminar Diabetes Bersama RS JK dan Kalbe

 5,774 total views

Suasana Seminar Diabetes yang digelar RS Jasa Kartini dan Kalbe Farma di Lantai 3 Yoyga Dept Store, Sabut )30/05).
Suasana Seminar Diabetes yang digelar RS Jasa Kartini dan Kalbe Nutritional di Lantai 3 Yogya Dept Store, Sabtu (30/05).

Kota, Wartatasik.com – RS Jasa Kartini bekerjasama dengan Kalbe Nutritional menggelar seminar tentang Diabetes di Lantai 3 Yogya Dept Store Tasikmalaya, Sabtu (30/05). Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh itu diikuti sekitar seratus orang anggota Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Tasikmalaya dan peserta umum lainnya.

Marketing RS Jasa Kartini Deni Achmad Ramdhani menerangkan, aksi sosial kesehatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan setiap menjelang Bulan Ramadhan. “Dalam acara ini ada tiga pemateri yaitu dari dokter ahli dalam, ahli gizi dan keagamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para pengidap penyakit diabetes agar bisa menjaga serta mengatur pola hidup untuk kesehatannya,” ungkapnya disela kegiatan.

Dijelaskan Deni, setiap peserta yang hadir dalam kegiatannya itu diwajibkan membayar administrasi sebesar Rp 25 ribu perorang plus mendapatkan produk dari pihak sponsor. Selain itu, katanya, sebelum mengikuti acara semua peserta harus menjalani pemeriksaan dasar seperti tekanan darah, berat badan, gula darah dan beberapa pemeriksaan kesehatan lainnya sehingga dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan tabel gizi yang disediakan.

“Dilihat dari animo, para peserta yang hadir sangat antusias. Namun, kita tidak bisa menampung terlalu banyak karena keterbatasan tempat. Jika responnya sangat baik seperti ini kemungkinan kita harus menggelar lebih dari satu kali dan tidak hanya berkaitan dengan penyakit diabetes saja tapi juga edukasi untuk penyakit-penyakit lainnya,” papar Ia.

Deni mengatakan, kegiatan yang digelarnya itu memberikan manfaat besar khususnya bagi para pengidap penyakit tersebut. Faktanya, ucap Ia, di tahun-tahun sebelumnya tingkat diagnosa penyakit diabetes di RS Jasa Kartini selalu masuk sepuluh besar pasien terbanyak. “Tapi setelah dibentuknya komunitas dan seringnya digelar kegiatan edukasi seperti ini sudah tidak masuk sepuluh besar dalam dua tahun ini atau sejak 2014 kemarin,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan-kegiatan aksi kesehatan yang digelarnya itu semua peserta yang mengikutinya dapat lebih menjaga kondisi kesehatan serta rumah sakitnya bisa secara intens melayani pasien yang sakit dan menjaga yang sehat agar tetap sehat. Indra

Related posts

Leave a Comment