Seratus Ton Beras Disediakan untuk Cadangan Pangan

 1,889 total views

Kadis Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmuda / Indra
Kadis Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Rahmat Mahmuda / Indra

Kota, Wartatasik.com – Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya yang baru dibentuk melalui perubahan SOTK beberapa waktu lalu sudah siap menjalankan konsep dan program untuk pelaksanaan di Tahun Anggaran 2017. Program-program tersebut diantaranya upaya penyediaan cadangan pangan daerah sebanyak 100 ton beras per tahun untuk digunakan disaat terjadinya kerawanan pangan.

Cadangan pangan perlu diadakan dengan alasan bahwa Kota Tasikmalaya termasuk salah satu daerah diantara beberapa daerah lainnya yang berpotensi terjadinya rawan pangan dikarenakan luas lahan pertanian yang ada semakin menyusut akibat alih fungsi. Demikian dikatakan Kadis Ketahanan Pangan Rahmat Mahmuda, Kamis (12/01).

Kemudian, selain dengan upaya tersebut pihaknya juga akan menggalakan Program Usaha Pangan Mandiri (PUPM) dengan melibatkan kelompok tani yang akan membeli gabah kepada anggota petani dan dijual ke masyarakat dengan harga di bawah pasar. Tak hanya itu, lanjut Ia, penyediaan pangan juga akan digalakan melalui kelompok tani Toko Tani Indonesia (TTI).

“TTI ini nantinya akan menjual beras dengan harga maksimal Rp 7.900 per kilogram dengan kualitas premium. Kota Tasik bisa dibilang belum mandiri pangan. Karena berdasarkan data yang ada masih minus sekitar 21.000 ton. Dengan ini, kita mengharapkan masyarakat punya lubuk pangan tersendiri sehingga tidak hanya bergantung dari luar saja,” ungkap Rahmat. Dengan adanya Dinas Ketahanan Pangan, dirinya berharap pangan di Kota Tasikmalaya dapat terus tersedia secara berkelanjutan.

Laporan: Tim

Related posts