Siswa MTs Al-Fadliliyah “Milih” Guru Favorit

 4,374 total views

Siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah saat mengikuti kegiatan pengelompokan kelas sesuai minat dan bakat siswa serta memilih guru favorit di Gedung Nadhwatul Ummah Pesantren Darussalam, Rabu (20/07). | Foto : Tantan
Siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah saat mengikuti kegiatan pengelompokan kelas sesuai minat dan bakat siswa serta memilih guru favorit di Gedung Nadhwatul Ummah Pesantren Darussalam, Rabu (20/07). | Foto : Tantan

Ciamis, Wartatasik.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah Darussalam Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pengelompokan kelas sesuai minat dan bakat siswa serta memilih guru favorit yang berlangsung di Gedung Nadhwatul Ummah Pesantren Darussalam, Rabu (20/07).

Ketua Osis Filan Muhammad Kelvin mengungkapkan, kegiatannya itu diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Dalam kegiatan tersebut terdapat pengelompokan kelas sesuai bakat dan minat serta pemilihan guru favorit mulai dari kelas VII, VIII, IX. “Pada kegiatan ini para siswa memberikan nilai kepada 16 guru yang mengajar,” ujarnya.

Ia menerangkan, yang dinilai untuk guru favorit terdapat beberapa poin diantaranya kompetensi, profesional, kerajinan, kehadiran dikelas, hadir tepat waktu dan melaksanakan ulangan harian. Ada juga kopetensi pedagogik meliputi cara penyampaian materi, memahami keadaan siswa, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran.

“Selain itu juga terdapat kompetensi kepribadian seperti cara berpakaian dan cara bicara. Serta kedekatan dengan siswa, perhatian kepada siswa, keaktifan mengikuti kegiatan madrasah dan pesantren,” tuturnya.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum Juju Julaeha, Mpdi mengatakan, pengelompokan kelas sesuai dengan minat dan bakat siswa itu untuk mengembangkan dan menggali bakat siswa seoptimal mungkin. “Anak-anak diberikan penjelasan dan diarahkan untuk mengisi pelajaran mana yang disukai,” ucapnya.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa pilihan satu dan dua yang harus diisi oleh para siswa misalnya mata pelajaran pilihan matematika dan IPA, Bahasa, Seni, Teater dan Olahraga. Selain itu, lanjut Juju, bisa memasukan data pendukung seperti sebelumnya siswa pernah menjadi juara pidato sehingga bisa diarahkan untuk masuk untuk kelas bahasa. “Untuk satu kelas siswanya terdapat sebanyak 32 siswa,” tandasnya. (Laporan Kontributor/Tantan)

Related posts

Leave a Comment