Soal Penamaan Nisan Makam Pejuang, TTD Tuntut Walikota dan Dewan Turun Tangan

 3,759 total views

TMP Kusumah Bangsa Karoeng Kota Tasikmalaya | Dok
TMP Kusumah Bangsa Karoeng Kota Tasikmalaya | Dok

Kota, Wartatasik.com – Menanggapi pemberitaan di Wartatasik.com terkait dua intansi yang berdalih tidak ada kaitannya dengan urusan penamaan ratusan nisan makan para pejuang Tasikmalaya yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kusumah Bangsa Karoeng Kota Tasikmalaya, Komunitas Tasikmalaya Tempo Doeloe (TTD) kembali angkat bicara.

Melalui Ketuanya Hendar Cunay mengatakan sekaligus mempertanyakan dengan tegas pihak mana yang sebetulnya berkewajiban untuk mengurusi pemasangan nama pada nisan makam para pahlawan tersebut. “Jika kata dua intansi yang berkaitan itu tidak termasuk pada pengelolaan dan pemeriharaannya, lalu siapakah yang bertanggung jawab?, apakah keluarga?, dan seandainya keluarga, lalu dimana penghargaan kita terhadap jasa-jasa Pahlawan?. Menurut kami, panamaan itu termasuk juga kepada pemeliharaan,” ujar Ia, Jum’at (14/11).

Ia mengungkapkan, sebagaimana telah dikutip dalam pemberintaan di media yang sama pada edisi tahun 2015 kemarin, Kadinsosnakertrans HM. Firmansyah pernah mengatakan ingin melakukan penataan terhadap sarana atau fasilitas TMP. “Itu jadi catatan dan patokan buat kami. Apakah penamaan tidak termasuk ke dalam penataan?. Menurut kami, yang namanya penataan dan pengelolaan bukan hanya mengurus rumput dan mengecat, tapi juga menamai atau memberi identitas nisan makam agar jelas dan tersusun rapi,” tegasnya.

“Sebentar lagi akan kita peringati Hari Pahlawan. Dengan ini, kami minta dengan tegas kepada pihak pemerintah terutama walikota serta para wakil rakyat untuk memperjelas sekaligus mengurusi masalah ini dan segera menata serta menamai nisan makam sesuai data identitas para pejuang yang telah gugur demi memperebutkan kemerdekaan bangsa ini dengan tumpah darah. Jangan hanya bisa duduk manis saja. Hargailah para pendahulu kita ini!,” sambung Cunay.

Laporan: Indra/Asron  

Related posts