Sukses Imunisasi MR, Dinkes Siap Laksanakan BIAS

 390 total views,  2 views today

H. Cecep Zaenal Kholis / EQi

Kota, Wartatasik.com – Secara keseluruhan program-program yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya di akhir tahun ini hampir rampung 100 persen. Terakhir, sesuai Program Indonesia sehat yaitu Imunisasi MR berjalan sukses. Dari target dari 95 persen ternyata dapat dicapai 97 persen.

Sementara, untuk yang akan datang Dinkes akan melaksanakan program BIAS (Imunisasi Anak Sekolah). Dengan pendekatan kepada sekolah di bawah naungan Kementerian Agama seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI). “Nantinya akan berikan pengarahan terlebih dahulu, agar dalam pelaksanaannya tidak mendapat hambatan,” ungkap Kepala Dinas Kota Tasikmalaya H. Cecep Zaenal Kholis di ruang kerjanya, Rabu (01/10/2017).

[sc name=”iklanadsense2″]

Sambil menuntaskan program-program yang ada, pihaknya sedang menyusun RPJMP Lima tahun ke depan. Untuk kegiatan selanjutnya, dalam rangka mensukseskan Program Indonesia Sehat. “Dulu menggunakan pendekatan masyarakat, tapi sekarang melakukan pendekaran keluarga (PISPEKA). Dalam program ini setiap petugas harus survai, pendataan ke setiap keluarga di Kota Tasik sehingga akan di dapat Family Folder Kartu Keluarga yang berkaitan dengan kesehatan keluarga,” katanya.

Untuk selanjutnya, terang Cecep, setiap keluarga akan mempunyai profile kesehatan keluarga dari mulai bapak, ibu dan anak, sehingga dapat diketahui status kesehatan keluarganya yang nantinya dapat memprediksi status kesehatan dan akan mendapatkan peta.”Misal, daerah mana yang paling banyak mengidap penyakit Hypertensi, kencing manis dan lain-lain,” pungkas Ia. EQi

Related posts